3 Tips Cara Mengatasi Demam Setelah Bayi Anda di Imunisasi – BeritaPrima.com
Ilustrasi

3 Tips Cara Mengatasi Demam Setelah Bayi Anda di Imunisasi

Pada dasarnya, bayi akan mengalami demam apabila sudah dilakukan imunisasi. Itu artinya, anda tidak perlu khawatir lagi bila sang buah mengalami demam setelah diimunisasi. Berbicara soal imunisasi bayi, tidak semuanya bayi akan mengalami demam. Seperti halnya imunisai BCG, polio, dan campak, dimana imunisasi tersebut tidak akan ditandai dengan datangnya demam. Lain halnya dengan imunisasi DPT dan Hepatitis B, dimana bayi akan mengalami demam selama beberapa hari. Akibat imbas dari rasa demam yang dialaminya, tak jarang sang buah hati akan rewel dan susah untuk diajak makan. Tentu saja dalam hal ini, anda sendiri sebagai orang tua yang akan dibuat repot. Maka dari itu, kita seabagai orang tua harus bisa mengatasi masalah tersebut. Nah, bagi anda yang belum mengetahui caranya, berikut dibawah ini ada 3 tips cara mengatasi demam pada bayi pasca imunisasi.

  1. Perbanyak Asupan ASI

Tips pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi bayi pasca imunisasi, yakni perbanyaklah aspan ASI. Harus anda ingat, saat terserang demam bayi akan mengeluarkan banyak cairan dari tubuhnya, sehingga ia akan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, anda harus memberikan banyak asupan ASI pada sang buah hati. Selain menghilangkan dehidrasi, asupa ASI yang banyak juga dapat menurunkan demam yang di deritanya.

  1. Jangan Berikan Pakaian Yang Berbahan Tebal

Tips kedua yang harus anda lakukan untuk mengatasi bayi pasca imunisasi, yakni jangan memberikan pakaian yang berbahan tebal. Tak sedikit para orang tua yang memberikan pakaian tebal dan dilengkapi selimut, saat bayi sedang terkena demam. Padahal saat bayi terserang demam, justeru anda harus memberikan pakaian bayi yang berabahan sejuk. Dengan demikian, keringat yang keluar dari tubuhnya akan mudah diserap, sehingga suhu panas tubuhnya akan cepat berlalu. Apabila sang bayi terlihat meriang, anda harus menyelimutinya dengan selimut yang tidak tebal.

  1. Coba Kompres Dengan Air Hangat

Tips terakhir yang harus anda lakukan untuk mengatasi bayi pasca imunisasi, yakni coba kompres tubuhnya dengan air hangat. Dengan mengompresnya menggunakan air hangat, maka pori-pori kuilt akan terbuka sehingga suhu panas tubuhnya akan mudah keluar. Dengan kata lain, anda tidak boleh mengompresnya menggunakan air dingin.

Itulah 3 tips yang harus anda lakukan, dalam mengatasi bayi pasca imunisasi. Dengan demikian, bayi Andapun tidak akan rewel setelah di imunisasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *