5 Ciri-Ciri Hard Disk Rusak Dan Apa Yang Harus Kamu Lakukan – BeritaPrima.com

5 Ciri-Ciri Hard Disk Rusak Dan Apa Yang Harus Kamu Lakukan

BeritaPrima.com – Apa pentingnya tahu ciri-ciri hard disk yang rusak? Sangat penting. Ibarat manusia, hard disk adalah otak bagian memori. Ingat, otak itu memiliki banyak bagian. Kalau memorinya rusak, seluruh data, kenangan yang ada di otak semuanya hilang. Begitu juga dengan hard disk pada sebuah komputer atau laptop. Jika rusak seluruh data yang ada di dalamnya juga rusak.

Hanya saja, beda dengan otak manusia yang kalau sudah rusak tidak bisa diselamatkan. Pada hard disk komputer atau laptop, selama tidak benar-benar rusak. Masih bisa diselamatkan datanya. Atau minimal segera mengambil data penting dan biarkan ia rusak.  Maka pengetahuan pengetahui ciri-ciri hard disk rusak itu penting. Sebab dengan mengetahuinya sejak dini. Kita jadi punya antisipasi pda data yang kita anggap penting.

Ciri-Ciri Hard Disk Rusak

Ada beberapa ciri-ciri hard disk yang mengalami kerusakan. Jika memang kamu merasa hard disk kamu rusak, silakan selaraskan dengan ciri-ciri berikut.

  1. Komputer atau laptop kamu bekerja melambat

                Tidak ada yang tahu berapa cepat komputer kamu mampu memproses sebuah perintah kecuali kamu sendiri. Silakan nilai umumnya untuk membuka komputer kamu butuh berapa menit, jika kamu rasa komputer atau laptop kamu makin melambat, kamu butuh segera antisipasi. Lakukan pengecekan pada hard disk. Jangan sampai terlambat dan kamu sesali, kehilangan data penting itu sangat menyakitkan.

  1. Data File Mengalami Kerusakan

                Yups, tanpa ada angin dan hujan kena laptop atau komputer kamu, tiba-tiba data yang tersimpan di hard disknya tak bisa kamu gunakan. File tak bisa dibuka, vidio corrupt, dokumen rusak dan sebagainya. Ini jalaa indikasi nyata bahwa ada yang tak beres dengan hard disk kamu. segera lakukan pemeriksaan hard juga.

  1. Ada suara aneh dari hard disk

Biasanya suara aneh yang keluar dari komputer atau laptop pasti bersumber dari salah satu bagian, kalau tidak kipas angin nya ya hard disk nya. Kalau kipas mungkin bisa dibersihkan dari debu dan kotoran biar jalanya jadi sempurna lagi. Kalau hard disk jelas beda perlakuan. Suara yang keluar biasanya ‘kretek-kretek’ dengan intensitas yang pelan dan jarang.

  1. Tidak mau booting atau mengalami Blue Screen

Ciri-ciri hard disk yang mengalami kerusakan berikutnya adalah komputer atau laptop yang kita gunakan tiba-tiba tidak mau booting alias hidup. Atau ciri lainya adalah laptop atau komputer mengalami blue screen. Layar hanya berwarna biru saja. hal ini jelas akan bikin kamu emosi, ingin buka komputer atau laptop tapi suguhan yanga da hanya layar berwarna biru.

  1. Hasil Cek software menunjukkan indikasi tak sehat

Silakan cek terlebih dahulu, apakah hard disk dalam kondisi sehat atau tidak. Biasanya hard disk yang tidak sehat bakal menunjukkan indikasi tidak sehat ketika dilakukan pengecekan software, meski hard disk adalah hardware. Jadi lakukan pengecekan terlebih dahulu.

Itulah beberapa ciri-ciri kalau hard disk mengalami kerusakan. Jadi apa yang perlu dilakukan kalau kita sudah tahu hard terindikasi mengalami kerusakan? Ada beberapa hal yang harus dan segera kamu lakukan jika kamu merasa bahwa data yang tersimpan di dalamnya itu penting. Pertama; selamatkan data terlebih dahulu dengan memindahnya. Kedua; lakukan pembersihan si hard disk tersebut, siapa tahu masih bisa diselamatkan. Ketiga; kalau sudah tidak bisa kamu selamatkan, berarti selamat tinggal hard disk lama dan selamat datang hard disk baru. (adv)

 

(Visited 32 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *