Amankan Pilkades Serentak Mojokerto, 485 Personil Diterjunkan – BeritaPrima.com

Amankan Pilkades Serentak Mojokerto, 485 Personil Diterjunkan

BeritaPrima.com, Mojokerto – Sebanyak 485 personel diterjunkan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mojokerto, Rabu (21/9/2016). Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, memimpin langsung apel gelar pasukan pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak di lapangan Stadion Gajah Mada, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

“Pilkades adalah cermin demokrasi paling dekat dengan masyarakat, dimana akan dipilih pemimpin desa untuk enam tahun ke depan. Pilkades serentak tahun 2016 dilaksanakan oleh 39 desa pada 15 kecamatan. Ada tujuh desa berada pada wilayah hukum Polres Mojokerto Kota dan 32 desa pada wilayah hukum Polres Mojokerto,” ungkapnya, Selasa (20/9/2016).

Masih kata Bupati, dari 39 desa yang menggelar Pilkades serentak tersebut, sebanyak 36 melakukan pemungutan suara pada Rabu (21/9/2016) besok. Sementara dua desa lainnya akan menggelar Pilkades pada tanggal 29 September 2016 dan satu desa akan menyusul di tanggal 10 Oktober 2016 mendatang.

“Personel aparat yang diterjunkan sebanyak 845 personil, terdiri dari 75 personel dari Polres Lamongan, Sidoarjo 80 personel, Jombang 95 personel, Gresik 37 personel, Kabupaten dan Kota Pasuruan masing-masing 50 personel, Sat Brimob Polda Jawa Timur 100 personel dan dari wilayah Kabupaten Mojokerto 408 personel,” katanya.

Dalam apel yang dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Bambang Sujatmiko selaku Komandan Apel dan Kabag Ren Kompol Sugianto selaku Perwira Apel ini, Bupati juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada jajaran Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Linmas yang telah berkontribusi besar dalam pengamanan wilayah pemungutan suara.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel pengamanan yang menjaga keamanan dan kondusifitas daerah pemungutan suara. Mohon agar tetap mengawal dan mengamankan tahapan pemilihan hingga masa tenang. Pilkades Antarwaktu yang berjalan dengan lancar merupakan salah satu bentuk kesuksesan pengamanan oleh pasukan,” ujarnya.

Pemetaan wilayah, lanjut Bupati, juga telah disusun, sehingga Bupati meminta untuk desa dengan tingkat kerawanan tinggi harus diberi perhatian ekstra. Bupati menghimbau agar menyiapkan langkah prefentif untuk meminimalisir ancaman yang mungkin bisa menghadang di depan.

Hadir juga dalam apel ini Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Herry Suwito, Kapolres Mojokerto, AKBP Boro Windu Danandito, Kapolresta Mojokerto, AKBP Nyoman Budiarja, Dandim 0815, Kajari, SKPD serta Forkopimcam dan Forkopimda Kabupaten Mojokerto. (feb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *