Anies Baswedan: Kalau Pak Buwas Katakan Sesuatu Harus Buktikan – BeritaPrima.com

Anies Baswedan: Kalau Pak Buwas Katakan Sesuatu Harus Buktikan

BeritaPrima.com, Jakarta – Anies Baswedan mempertanyakan klaim Kepala Badan Narkotika Nasional Budi Waseso soal buku sosialisasi antinarkoba bagi siswa.

Anies mengatakan, klaim Budi Waseso itu tak berdasar.

“Emang negara diurus pakai obrolan begitu? Pak Buwas ngerti -lah cara urus negara yang benar. Ngurus negara itu ya pakai proses. Tanyain Pak Buwas, Pak Anies nanya, ada enggak suratnya?” kata Anies kepada Kompas.com, Rabu (26/10/2016).

“Kalau ada, nomornya berapa, tanggalnya berapa. Dari situ kemudian bisa dinilai siapa yang ngomong-ngomong, siapa yang iya iya, siapa yang enggak. Iya dong. Hari gini atur negara pakai katanya,” ujar Anies.

Waseso sebelumnya mengaku mengajukan buku tersebut ke Menteri Pendidikan dan Kebudayan yang saat itu dijabat Anies Baswedan.

Harapan Waseso, buku itu masuk dalam kurikulum 2016. Namun, Anies disebut hanya “iya iya” saja.

Padahal, saat menyerahkan buku itu, menurut dia, Anies mengaku mendukung program sosialisasi antinarkoba BNN.

Merasa “mentok” di Anies, pria yang dikenal dengan nama Buwas itu kemudian mengajukan buku tersebut kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, tetapi tidak juga terealisasi.

Buwas kemudian melaporkan kerjanya kepada Presiden Jokowi. Ia berharap Presiden mewujudkan program sosialisasi antinarkoba pada kurikulum tahun mendatang.

Buwas juga akan berkoordinasi lagi dengan Mendikbud saat ini demi mengegolkan sosialisasi antinarkoba itu.

Sementara itu, Anies mengaku bertemu Waseso sehari sebelum diberhentikan sebagai Mendikbud pada 26 Juli 2016 lalu dalam acara Jambore Nasional di Pangkep, Sulawesi Selatan.

Saat itu, Anies duduk bersebelahan dengan Waseso. Namun, tak ada obrolan soal buku tersebut.

Anies mengaku selama ini tak ada hubungan dengan Waseso dan tak mengerti alasan Waseso mengklaim seperti itu.

Kendati demikian, Anies menyatakan bahwa ia akan mengecek apakah permintaan yang dimaksud Waseso itu pernah masuk ke Kemendikbud.

“Kurikulum 2016 itu enggak ada, ngawur. Mengenai karangan Pak Buwas ini, saya berharap orang sekelas Pak Buwas bicara berdasarkan data, jadi kalau memang beliau katakan sesuatu ya buktikan,” kata Anies. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *