AS Tunjuk Dubes Baru Untuk Indonesia, Ini Profil Singkatnya – BeritaPrima.com

AS Tunjuk Dubes Baru Untuk Indonesia, Ini Profil Singkatnya

BeritaPrima.com, Jakarta – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Robert Orris Blake Junior mengakhiri masa tugasnya di Indonesia. Pria lulusan Universitas John Hopkins itu telah bertugas di Jakarta sejak 2013.

Presiden Barack Obama telah mengajukan nama kandidat pengganti Blake kepada Senat Negeri Paman Sam. Pria yang juga akan mengakhiri masa jabatannya pada 2016 itu mengajukan nama Joseph R Donovan Junior untuk mewakili AS di Indonesia.

Namanya diajukan bersama dengan 11 orang lainnya untuk posisi-posisi strategis berbeda kepada Senat. Pengajuan tersebut dimuat dalam situs resmi Gedung Putih.

“Saya yakin orang-orang pekerja keras dan berpengalaman ini akan membantu kita menyelesaikan tantangan penting yang dihadapi Amerika. Saya bersyukur atas pelayanan mereka untuk negara ini. Saya menantikan kerja sama dengan mereka,” tulis Obama dalam pernyataannya, dikutip dari whitehouse.gov, Selasa (19/7/2016).

Joseph R Donovan Junior saat ini menjabat sebagai Direktur Institut AS di Taiwan yang telah berdiri sejak 2014. Sebelumnya, Donovan menjabat sebagai Ketua Penasihat Staf Gabungan Kebijakan Luar Negeri Pentagon pada 2012-2014.

Pria yang menuntut ilmu di Universitas Pertahanan Nasional AS itu juga pernah menjabat sebagai Kepala Deputi Asisten Sekretaris di Biro Urusan Asia Timur dan Pasifik di Kementerian Luar Negeri AS.

Pengalaman Donovan sebagai diplomat antara lain menjabat sebagai Konsulat Jenderal AS di Hong Kong, China pada 2008-2009, Wakil Kepala Misi di Kedutaan Besar AS di Tokyo, Jepang pada 2005-2008, serta Direktur Kantor Negara Urusan China dan Mongolia pada 2003-2005.

Namun, penugasan Donovan sebagai Duta Besar di Indonesia masih menunggu persetujuan dari Senat AS dalam beberapa bulan ke depan. (aud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *