Ini Bahaya Minum Obat Pereda Sakit Dengan Alkohol – BeritaPrima.com

Ini Bahaya Minum Obat Pereda Sakit Dengan Alkohol

BeritaPrima.com – Membaca label kemasan obat penghilang rasa sakit seperti Advil (ibuprofen) dan Tylenol (acetaminophen) adalah hal yang sangat penting. Terutama, jika Anda pernah sakit kepala karena minum alkohol dan berpikir untuk mengonsumsi keduanya untuk menghilangkan rasa sakit itu.

Ibuprofen, asetaminofen, dan bahkan aspirin, berpotensi bahaya jika Anda mencampurnya dengan alkohol.

“Semua obat memiliki risiko bahaya, jika membiarkannya bercampur dengan alkohol di dalam perut Anda. Tetapi, risiko untuk ketiga jenis obat penghilang sakit itu lebih besar lagi, ” kata Debra E. Brooks, MD, seorang dokter di GoHealth Urgent Care.

Ibuprofen adalah obat jenis NSAID, atau non-steroid obat anti-inflammation. Dia bekerja sebagai peredam rasa sakit dan mengurangi peradangan. Ibuprofen dapat menyebabkan iritasi pada lapisan perut yang dapat menyebabkan luka dan pendarahan.

Alkohol juga diketahui dapat mengiritasi dan melukai lapisan perut terutama pada peminum berat. Sehingga, mencampur keduanya sama sekali bukan ide yang baik.

Bagaimana denga acetaminophen, atau Tylenol? “Obat ini memiliki efek analgesik dan mekanisme yang berbeda,” kata Brooks.

Acetaminophen tidak memengaruhi kemampuan pembekuan darah dan tidak menyakiti lapisan perut Anda. Tapi, acetaminophen lebih beracun untuk hati dan lebih sering dikaitkan dengan kegagalan hati.

Ketika Anda minum alkohol, sudah mengirim zat beracun kepada hati Anda dan membuatnya bekerja ekstra keras untuk menyaring racun. Mengonsumsi acetaminophen berarti memberi beban tambahan dan stres luar biasa pada organ hati, sehingga meningkatkan risiko kerusakan organ itu.

Selanjutnya >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *