Begini Cara Menggunakan Google Maps Offline – BeritaPrima.com

Begini Cara Menggunakan Google Maps Offline

Bagi para pecinta touring, google map adalah aplikasi wajib yang harus ada di ponsel. Ia bisa menjadi teman sekaligus penyelamat kala sedang tersesat di jalan, atau hanya sekadar jadi petunjuk jalan. Google map adalah aplikasi yang sangat ideal jika Anda merasa perlu menjangkau rute atau mengetahui di mana Anda berada saat ini. Sayangnya, banyak orang yang tahu bahwa google map hanya bisa digunakan bila ada koneksi. Padahal di beberapa daerah tertentu, terkadang jaringan internet sangat sulit ditemukan. Sehingga bisa dipastikan tidak ada koneksi dan Google Map tak bisa digunakan.

Nah buat kamu para pecinta berita otomotif, sebenarnya Google Map bisa kamu gunakan sekalipun tidak ada koneksi internet, yaitu kamu bisa gunakan Google Map Offline. Yang perlu kamu lakukan hanya mendownload peta dan beberapa langkah di bawah ini.

Cara menggunakan Google Maps offline

Yang perlu kamu semua pahami, sekalipun Google Map bisa kamu gunakan secara offline, tapi ada syarat utama yangbharus kamu penuhi. Yaitu kamu harus mendownload peta terlebih dahulu pada Google Map Online. Peta tersebut akan kamu simpan dalam file Google map dan menjadi acuan saat kamu gunakan secara offline. Nah berikut cara lengkapnya sampai bisa kamu gunakan secara offline.

  1. Buka Google Maps saat online dan cari lokasi yang Anda inginkan.
  2. Setelah Anda menemukan lokasi atau area yang Anda inginkan, cara termudah untuk menyimpannya data tersebut adalah dengan membuka menu opsi dengan mengetuk tiga baris titik ikon di kanan atas, dan menyentuh area Offline.
  3. Selanjutnya, ketuk plus atau tambahkan simbol di kanan bawah layar dan Anda akan ditanyai dengan pesan yang bertuliskan “download area ini?”
  4. Tarik peta di dalam kotak bujur sangkar sampai melingkupi area yang Anda inginkan. Arahkan ke zoom (pasang dua jari di layar dan tarik ke bawah keduanya) untuk menutup area yang Anda inginkan. Gerakkan jari Anda dengan cara yang berlawanan untuk memperkecil dan mencakup area yang lebih luas.
  5. Setelah area peta yang anda tentukan sesuai dengan keinginan anda, selanjutnya tekan Download.
  6. Anda akan diminta untuk memberi nama daerah Anda. Lakukan di kotak yang muncul.
  7. Setelah mendownload peta ke perangkat Anda, Anda dapat mengaksesnya dengan mengetuk ikon menu di kiri atas halaman Maps utama dan kembali ke area Offline, di mana Anda bisa melihat area offline yang telah kamu undah

Sangat mudah bukan untuk menggunakan Google Map secara offline, hanya saja ada beberapa kelamahan pada Google Map offline.

Keterbatasan Google Map offline

Ada beberapa keterbatasan pada Google Map offline, terutama mengenai lokasi yang Anda cari. Anda tidak dapat mendownload peta pada seluruh wilayah yang sangat luas, misalnya seluruh Indonesia. Hal ini disebabkan kontak yang bisa kita buat dengan gambar di sekitar area yang kita inginkan memiliki keterbatasan, dan kita tidak dapat mendownload lebih dari 1,5 GB.

Google Map offline juga membutuhkan koneksi yang cukup stabil, sehingga ada baiknya ketika download peta, gunakan saja wifi, kalau data seluler, hanya akan menghabiskan data saja. Selain itu, peta yang kita unduh hanya akan tersimpan selama 30 hari dan setelah itu akan dihapus secara otomatis, jadi jangan anggap berfikir ya pecinta berita otomotif bahwa peta yang kita unduh akan bertahan selamanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *