Bentrok HMI vs Aparat Coreng Demo Damai 4 November – BeritaPrima.com

Bentrok HMI vs Aparat Coreng Demo Damai 4 November

BeritaPrima.com, Jakarta – Demontrasi Bela Islam II yang diikuti ratusan ribu massa tercoreng gara-gara bentrok antara massa HMI dengan aparat pada akhir unjuk rasa.Padahal sejak awal demo dimulai hingga menjelang petang, aksi damai yang dipimpin para uustadz dan ulama berlangsung tertib dan damai.

Massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bentrokan dengan polisi di depan Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan). Entah apa penyebabnya, tiba-tiba massa HMI menyerang ke barisan polisi.

Pantauan di Kantor Kemhan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016) bentrokan dimulai sekitar pukul 18.45 WIB. Bentrokan diawali dengan teriakan dari massa aksi.

“Dorong, dorong! Maju, maju!” teriak sejumlah orang dari kerumunan itu.

Tiba-tiba sekitar 50-an orang mendorong barisan polisi. Padahal di depan barisan itu ada massa dari Front Pembela Islam (FPI) yang berniat melindungi polisi.

Massa FPI akhirnya memilih untuk menghindar dan tak ingin terlibat bentrokan. Massa FPI juga sempat berteriak, “Hati-hati provokasi.”

Hingga saat ini bentrokan masih terjadi. Massa HMI melempari bambu dan botol ke arah barisan polisi.

Gelagat kekisruhan sudah nampak dari HMI sejak awal. Imam besar FPI Habib Rizieq bahkan sempat menenangkan massa berbendera HMI yang terlibat kegaduhan dengan aparat.

Di depan Istana Negara, Jakarta, Jumat (4/11/2016), massa berbedera HMI terkonsentrasi di sayap kanan Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Istana. Sementara Massa FPI dan Pembela Fatwa MUI umumnya di sebelah kiri.

Dari arah massa berbendera HMI terdengar ribut-ribut. Memang sejak tadi kerap terjadi lempar-lemparan botol air mineral bahkan bilah bambu. Kemudian Habib Rizieq menenangkan massa HMI yang suaranya terus bergemuruh itu.

“Adik-adik HMI harap tenang ya . Kita ingin revolusi damai, Allahuakbar!,” kata Habib Rizieq dengan pengeras suara di mobil komandonya.

Lantas Laskar FPI bersegaram putih-putih membentuk barikade di antara HMI dan polisi bertameng, mereka menjaga kondisi tetap kondusif. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *