Berniat Membeli Sepatu Anak? Simak 5 Tips Berikut Agar Tidak Keliru Memilih! – BeritaPrima.com

Berniat Membeli Sepatu Anak? Simak 5 Tips Berikut Agar Tidak Keliru Memilih!

BeritaPrima.com – Sepatu atau alas kaki menjadi barang penting dan wajib dikenakan, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Anak-anak baiknya dibiasakan untuk menggunakan alas kaki supaya terlindung dari beragam resiko saat bertelanjang kaki. Supaya anak-anak menyukai alas kakinya dan semangat memakainya maka dianjurkan cermat saat memilih sepatu anak. Sehingga tidak hanya berpatokan pada model dan warna akan tetapi lebih dari itu supaya kaki si kecil terlindungi secara maksimal.

Memilihkan Sepatu Terbaik Bagi Si Kecil

Orangtua kerap memanfaatkan momentum lebaran dan tahun ajaran baru untuk berburu sepatu bagi buah hatinya. Selain mendukung lingkungan baru sepatu tersebut juga bisa didapatkan dengan kisaran harga yang lebih murah. Pasalnya banyak toko ataupun mall yang menawarkan pesta diskon di moment-moment tersebut. Memperhatikan kisaran harga memang penting akan tetapi baiknya tidak mengabaikan masalah kenyamanan alas kaki buah hati. Ada baiknya memahami teknik menentukan pilihan terutama informasi yang disampaikan oleh ahlinya.

Menjaga kenyamanan dan kesehatan si kecil saat memakai sepatunya, maka tatkala memberikan sepasang sepatu baginya perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Sebaiknya mengukur kaki si kecil dengan pasti,

Anak-anak terutama di usia balita biasanya memiliki pertumbuhan fisik yang sangat cepat, sehingga perubahan ukuran kaki bisa terjadi dalam tempo pendek. Baiknya saat berencana membelikan anak sepatu baru mengukur panjang kakinya terlebih dahulu. Gunakan penggaris, supaya nantinya saat sampai di toko tidak salah mengambil ukuran.

  1. Membeli saat anak sudah bisa berjalan,

Beberapa orangtua tidak sabar membelikan sepatu anak bagi buah hatinya yang belum bisa berjalan. Maksudnya memang baik yakni membiasakan anak memakai sepatu sekaligus membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan. Akan tetapi dipastikan mubadzir, mengingat ukuran kaki anak mudah bertumbuh. Fungsinya pun bukan sebagai alas kaki melainkan penutup kaki dan membuatnya tampak cantik. Baiknya membelikan sepatu saat anak sudah bisa berjalan supaya fungsi sepatu berjalan semestinya.

  1. Sepatu yang memiliki sistem pengancing,

Membeli sepatu untuk buah hati baiknya menghindari model flip on yang tinggal masuk tanpa tali ataupun velcro. Desain sepatu flip on ini akan membuatnya cepat tidak terpakai sebab tatkala ukuran kaki anak semakin bervolume dan memanjang. Maka akan terjadi kesulitan untuk memasukan kaki anak ke sepatu tersebut padahal panjangnya masih muat. Maka selalu pilih sepatu dengan pengancing, baik tali, velcro, maupun kancing supaya aman dan awet.

  1. Sebaiknya memakai sepatu bertumit rendah,

Kini beberapa produsen sepatu khusus anak-anak menyediakan pilihan sepatu bertumit tinggi sebagaimana sepatu orang dewasa. Anak perempuan yang memakai sepatu bertumit memang terlihat lucu dan tidak bosan dipandang. Akan tetapi, sudah tahukah dampaknya bagi kesehatan anak? Sepatu bertumit untuk orang dewasa pun memiliki batas waktu maksimal dipakai per hari karena dampaknya bagi kesehatan kurang baik. Maka untuk sepatu si kecil pilih bertumit rendah atau rata agar aman.

  1. Bahan sepatu yang nyaman dan melindungi,

Bahan sepatu juga penting untuk diperhatikan sebab menentukan nyaman tidaknya sepatu tersebut dikenakan oleh si kecil. Baiknya memakaikan sepatu dari bahan kain yang lebih ringan, lembut, dan sirkulasi udaranya lebih lancar. Sehingga mencegah kaki anak lecet saat berjalan lumayan jauh atau berolahraga di sekolahnya. Ajak anak untuk memilih dan mencoba sepatu barunya di toko, untuk memastikan tidak salah memilih sepatu anak sehingga bermanfaat. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *