Bersama Ulama Mesir, Dubes RI Bahas Ide Sekretariat Fatwa Internasional – BeritaPrima.com

Bersama Ulama Mesir, Dubes RI Bahas Ide Sekretariat Fatwa Internasional

BeritaPrima.com – Duta Besar RI untuk Republik Arab Mesir, Helmy Fauzy melakukan kunjungan kehormatan ke kantor Darul Ifta (Lembaga Fatwa Mesir). Kunjungan itu guna bertemu Grand Mufti Dr Shawky Abdul Kareem Allam, dan berdiskusi tentang ide pembentukan Sekretariat Fatwa Internasional.

Sekretariat Fatwa Internasional rencananya beranggotakan para ulama dan cendekiawan muslim dari seluruh dunia. Dalam pertemuan itu, Grand Mufti Shawki menyampaikan harapannya agar Indonesia berpartisipasi dalam Sekretariat Fatwa Internasional. Dirinya berharap ada ulama atau cendekiawan muslim Indonesia yang dinominasikan untuk menjadi bagian forum ini.

“Tawaran ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia jika ada ulama atau cendekiawan Muslim dari Indonesia yang dapat menjadi anggota Sekretariat Fatwa Internasional,” ujar Dubes Helmy dalam pertemuan yang berlangsung di Kairo, Mesir, Senin (30/5).

Dubes Helmy menyambut baik inisiatif Grand Mufti Shawki membentuk Sekretariat Fatwa Internasional. Sebab, pembentukan forum tersebut sangat penting dalam dinamika politik internasional yang terjadi saat ini.

“Berkaca dalam situasi saat ini, membentuk Sekretariat Fatwa Internasional memang mendesak,” tegasnya.

Lebih lanjut, Dubes Helmy berharap Grand Mufti Shawki tidak pernah lelah untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat barat tentang Islam. Sebab, hingga kini masih banyak kelompok yang melakukan distorsi atas esensi Islam yang sebenarnya.

Helmy juga mengundang Grand Mufti Shawki berkunjung ke Indonesia guna memberi pencerahan ke berbagai pesantren dan institusi pendidikan tinggi Islam.

“Penjelasan pada masyarakat Indonesia secara umum bahwa pengeluaran fatwa tidak bisa dilakukan secara sembarangan saat ini sangat relevan untuk diberikan,” urai Helmy.

Selanjutnya >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *