Besok Malam, Saatnya Saksikan Galaksi Bima Sakti Di Langit Gelap – BeritaPrima.com

Besok Malam, Saatnya Saksikan Galaksi Bima Sakti Di Langit Gelap

BeritaPrima.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengajak seluruh masyarakat Indonesia menikmati ‘Malam Langit Gelap’ (Dark Sky Night) pada Sabtu malam besok, 6 Agustus 2016 pada pukul 20.00-21.00 WIB. Ada fenomena menarik di langit pada momentum tersebut.

Malam Langit Gelap merupakan bagian dari peringatan Hari Keantariksaan yang jatuh pada 6 Agustus. Hari Keantariksaan ditetapkan sejak 2013 sesuai Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.

Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin menyatakan, Malam Langit Gelap merupakan malam saat masyarakat bisa menikmati malam bertabur bintang. Caranya, cukup dengan mematikan semua lampu yang ada di luar ruangan.

“(Matikan lampu) di teras, di luar rumah, di jalan, dimatikan. Setidaknya selama satu jam, agar supaya publik bisa merasakan pengaruh polusi cahaya (terhadap langit)” ujar Thomas dalam pemaparannya di kantor Jakarta, Kamis 5 Agustus 2016.

Dengan demikian, kata Thomas, masyarakat bisa membedakan kondisi langit malam setelah dan sebelum lampu dimatikan.

Jebolan doktor Departemen Astronomi Universitas Kyoto Jepang ini menyatakan, dewasa ini cahaya bintang kalah dengan cahaya lampu yang menyala, apalagi cahaya di ibu kota. Tapi, banyak yang tidak menyadari efek ‘cahaya buatan’.

“Kita ingin mengajak, kita semua peduli, cahaya kota jadi pengganggu. Masyarakat hanya tahu polusi udara, sampah dan tidak tahu polusi cahaya,” tegas Thomas.

Selanjutnya >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *