Bulldozer untuk Pengerjaan Proyek Konstruksi dan Jenisnya yang Perlu Anda Ketahui – BeritaPrima.com

Bulldozer untuk Pengerjaan Proyek Konstruksi dan Jenisnya yang Perlu Anda Ketahui

Menjamurnya toko online sekarang ini ternyata tidak hanya menyediakan berbagai produk-produk kebutuhan masyarakat tetapi juga menawarkan beberapa jasa penyewaan. Seperti salah satunya penyewaan bulldozer atau alat berat lainnya. Banyak ditemukan situ online yang menawarkan rental alat berat diberbagai daerah Indonesia. Hal itu berarti menunjukkan bahwa Indonesia sekarang ini masih terus mengalami pengembangan khususnya dalam hal konstruksi atau pembangunan proyek.

Maka tidak heran peluang itu dijadikan oleh beberapa perusahaan untuk meraup keuntungan dengan melakukan penyewaan berbagai jenis alat berat. Dozer sendiri merupakan salah satu alat berat yang mempunyai fungsi mendorong ataupun memotong material dengan menggunakan pisau yang terpasang dibagian depannya.

Jenis pekerjaan apa saja yang biasanya menggunakan bulldozer, antara lain:

  1. Membersihkan beberapa pepohonan di ladang yang luas dan juga mengupas top soil. Dalam hal ini sangat membantu untuk meminimalisir banyaknya pekerja yang harus menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi hasil pekerjaan akan lebih efektif dan juga efisien.
  2. Pembukaan jalanan yang baru, di Indonesia sendiri belum semua daerah mempunyai jalanan yang layak. Makanya pembangunan jalan terus dilakukan dengan bantuan berbagai alat berat.
  3. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memindahkan barang-barang atau material pada jarak 100 m dalam jumlah banyak bisa menggunakan alat berat ini.
  4. Menyebarkan berbagai material, seringnya dalam pembuatan jalan besar atau jalan baru.
  5. Mengisi kembali saluran yang telah dibuka, jadi akan lebih cepat selesai pekerjaan proyeknya.

Sebenarnya banyak alat berat yang dapat digunakan dalam pembangunan proyek, dan kesemuanya dapat disesuaikan dengan jenis pekerjaan. Seperti itu juga pada banyaknya jenis pisau yang ada pada alat berat bulldozer yang bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan pekerjaan.

Berikut ini beberapa jenis pisau yang sering digunakan pada alat berat tersebut, antara lain:

1.    Straight blade.

Pertama pada pisau yang sering digunakan pada saat proyek pengupasan ataupun penimbunan tanah. Jadi jika para pekerja terlalu kesusahan untuk melakukan pengupasan tanah bisa menggunakan pisau dozer jenis ini. Dengan kata lain blade ini dapat melakukan kerja dalam kedalam tanah yang mempunyai tekstur sangat keras.

2.    Angle blade.

Lalu ada lagi jenis blade yang mempunyai lebar lebih besar dari pada jenis pisau sebelumnya. Umumnya blade jenis ini digunakan untuk menyingkirkan beberapa material ke sisi lain, saat dilakukan penggalian berbagai saluran atau bisa juga digunakan untuk melakukan pembukaan lahan yang akan dibuat jalan maupun bangunan baru.

3.    Universal blade.

Kemudian ada lagi yang lebih besar dari pada jenis straight blade, umumnya jenis ini sering digunakan pada reklamasi lahan-lahan baru. Blade satu ini mempunyai keunggulan yaitu dapat mengangkat beberapa material yang mempunyai jumlah banyak dengan jarak tempuh yang dapat dikatakan relatif jauh. Sering dilakukan pada pengangkatan material lahan lepas atau lainnya.

 

4.    Cushion blade.

Ukuran blade jenis ini lebih pendek dari jenis straight blade, dan biasanya digunakan pada traktor yang mempunyai ukuran besar yang sering digunakan untuk mendorong scraper atau lainnya.

Itulah beberapa blade atau pisau yang sering digunakan dalam pembangunan konstruksi yang besar. Untuk pemasangannya sendiri itu dapat berbeda-beda dan akan mempengaruhi gerakan yang bervariasi tergantung dari pekerjaan yang dibutuhkan. Untuk pengoperasian alat bulldozer sendiri juga tidak bisa sembarangan, ada beberapa teknik yang digunakan supaya pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Untuk yang membutuhkan bisa langsung mencari informasi rental penyewaan alat berat yang banyak ditawarkan melalui toko online.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *