Buntut Tewasnya Salom, MotoGP Gunakan Lintasan Berbeda Di Catalunya – BeritaPrima.com

Buntut Tewasnya Salom, MotoGP Gunakan Lintasan Berbeda Di Catalunya

BeritaPrima.com, Barcelona – MotoGP akan menggunakan desain lintasan yang berbeda untuk sisa akhir pekan di Catalunya. Perubahan ini diambil menyusul meninggalnya pebalap Moto2 Luis Salom.

Salom meninggal usai terjatuh di sesi latihan bebas kedua Moto2 di sirkut Catalunya, Jumat (3/6/2016). Pebalap 24 tahun itu mengalami insiden di tikungan 12, terjatuh dalam kecepatan tinggi, lantas meluncur menabrak pembatas.

Tikungan 12 sendiri memang merupakan tikungan bertipe cepat. Menyusul kejadian ini, Komisi Keselamatan MotoGP lantas menggelar pertemuan dengan sejumlah pebalap yang akhirnya menyepakati penggunaan desain sirkuit yang berbeda.

Sirkuit Catalunya punya desain berbeda untuk MotoGP dan Formula 1. Untuk balapan F1, ada dua titik tikungan yang berbeda dari MotoGP.

Yang pertama adalah pada tikungan 10, di mana F1 menggunakan belokan yang lebih tajam. Titik kedua adalah di tikungan 12, di mana pada F1 dibuat menjadi chicane yang artinya bertambah dua belokan sebelum masuk ke trek lurus.

Dengan adanya perubahan ini, pebalap pun diberikan waktu lebih panjang di sesi latihan bebas Sabtu (4/6) ini, untuk memberikan kesempatan lebih menyesuaikan diri dengan lintasan. (feb)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *