Cara Menghindari Cacingan Pada Anak – BeritaPrima.com

Cara Menghindari Cacingan Pada Anak

Anak-anak memang akan sanagat senang sekali jika diberikan kebebasan untuk bermain bersama teman-temannya di segala tempat tanpa adanya larangan, tentu saja hal ini baik untuk menjawab banyaknya rasa penasaran yang tumbuh pada jiwa seorang anak. Namun yang masih perlu anda ketahui adalah anda harus tetap memperhatikan bagaimana kesehatan anak anda, dan yang paling utama adalah menghindari cacingan pada anak anda yang memang cacimgan tersebut rentan sekali menyerang anak -anak.

Sebelum mengetahui tentang penyebab dan cara menghindari cacingan pada anak ada baiknya bagi anda untuk mengerti apa itu cacingan. Cacingan adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena tumbuhnya cacing di perut baik cacing pita, kremi dan tambang. Gejala yang tampak pada anak biasanya anak akan tampak lesu, kurang bersemangat, dan tidak sehat. Di bawah ini akan dituliskan beberapa penyebab cacingan pada anak sekaligus juga cara menghindarinya

  • Makanan

Makanan yang menyebabkan cacingan ini tentu adalah makanan yang telah terkontaminansi dengan telur-telur yang nantinya berkembang biak di perut dan tumbuh menjadi cacing. Umumnya makanan yang ditumbuhi telur ini adalah daging yang dijual di pasaran, atau makanan yang kurang higenis dan serinng dihinggapi lalat. Untuk itulah anda harus berhati-hati dalam memilih makanan bagi anak anda, pilihlah daging segar ataupun makanan sehat serta higenis untuk menghindari cacingan pada anak.

  • Jari

Anak-anak memang menyukai bermain di segala tempat termasuk juga bermain tanah. Perhatikan kebersihan jari tangan anak anda karena telur cacing bisa saja berkembang biak melalui jari tangan anak yang dipakai untuk memakan makanannya. Untuk menghindari cacingan periksalah selalu kebersihan jari tangan anak anda terutama setelah bermain di alam bebas dan saat ingin makan, pastikan anak anda mencuci tangan dan jarinya dengan bersih.

  • Masakan

Jangan hanya menyalahkan anak saja, namun jika anda seorang ibu rumah tangga yang memasak masakan tidak matang atau kurang higenis dalam mencuci buah dan sayur misalnya  maka ini juga bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya cacing dalam perut. Cucilah bahan masakan anda dengan bersih dan juga masaklah makanan hingga matang.

  • Kebersihan anus

Bersihkan anus dengan benar untuk menghindari tumbuhnya cacing pada perut anak anda.

Itulah beberapa penyebab anak cacingan pada anak dan cara mengindarinya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *