Cara Menghindari Ketuban Pecah Dini Saat Hamil – BeritaPrima.com

Cara Menghindari Ketuban Pecah Dini Saat Hamil

BeritaPrima.com – Ketuban pecah dini adalah kondisi dimana ketuban pecah tertalu dini saat hamil tua padahal belum masuk waktu persalinan atau belum terjadinya pembukaan. Hal inilah yang tentunya harus dihindarkan ketika sedang hamil tua. Memang ketuban pecah menjadi salah satu pertanda bahwa proses melahirkan akan tiba namun jika terlalu dini maka justru dapat membahayakan. Hal ini juga dapat membuat proses melahirkan tidak bisa dilakukan normal dan harus dilakukan secara caesar. Sebenarnya banyak hal yang yang bisa menyebabkan ketuban pecah seperti terjadi pembengkakan pada kantung ketuban, infeksi dan ketegangan rahim. Agar hal-hal tersebut tidak terjadi maka ada baiknya kita mencari cara mencegah ketuban pecah dini ketika sedang hamil.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Salah satu hal yang harus kira hindari agar ketuban tidak pecah dini saat hamil tua adalah dengan rutin melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan bisa anda lakukan setiap pagi hari seperti jalan pagi. Cukup dengan melakukan jalan di pagi hari dapat membuat fisik anda lebih kuat saat masa persalinan tiba. Hal ini juga bisa mencegah ketuban anda pecah terlalu dini. Menjalani jalan pagi hari juga dianjurkan dilakukan sekitar jal 7 pagi sampai 9 pagi. Ketika matahari masi bagus buat janin anda terutama untuk pembentukan tulang.

  1. Hindari Goncangan-Goncangan

Saat sedang hamil memang segala hal harus menjadi lebih berhati hati terutama ketika sedang melakukan perjalanan. Salah satunya dengan menghindari goncangan-goncangan yang terjadi ketika berkendara. Untuk itu sebelum melakukan perjalanan jaug, ada baiknya jika anda cari tahu dulu kondisi jalanan yang akan anda lalui. Kemudian jika ada banyak polisi tidur maka sebaiknya diperhatikan baik-baik ketika sedang berkendara.

  1. Banyak Mengonsumsi Vitamin C

Ibu hamil tentunya harus memperhatikan betul asupan makanan yang dikonsumsi. Bukan hanya untuk perkembangan janin namun mencaga hal bahaya lainnya terjadi termasuk ketuban pecah dini. Dengan mengonsumsi banyak vitamin C maka ketuban pevah dini akan terhindarkan. Anda bisa mengonsumsi vitamin C yang terdapat banyak dalam buah-buahan seperti jeruk dan lainnya. Anda juga sebaiknya menjaga asupan makanan yang tidak sehat masuk ke tubuh anda seperti makanan yang mengandung bahan pengawet.

  1. Jangan Melakukan Pekerjaan Berat

Kondisi saat hamil tentunya berbeda dengan orang yang tidak hamil. Seperti yang kita tahu ibu hamil harus banyak beristirahat dan jangan sampai kelelahan karena banyak hal yang bisa terjadi seperti ketuban pecah terlalu cepat. Untuk menghindari hal itu terjadi maka anda harus berhenti melakukan pekerjaan yang berat. Jika anda merasa pekerjaan tersebut terlalu berat maka ada baiknya jika anda mita bantuan.  (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *