Ciri – Ciri Penyakit Ginjal Ini Tidak Bisa Diremehkan dan Harus Diantisipasi – BeritaPrima.com

Ciri – Ciri Penyakit Ginjal Ini Tidak Bisa Diremehkan dan Harus Diantisipasi

Pada umumnya, orang dengan penyakit ginjal banyak yang mengeluh kelelahan. Hal ini dipengaruhi oleh suplai oksigen dalam sel darah merah yang berkurang drastis. Saat seseorang kekurangan sel darah merah, maka akibatnya akan mudah kelelahan sampai kepayahan. Tidak hanya pada orang lanjut usia, tetapi ciri – ciri penyakit ginjal ini juga bisa menyerang pemuda. Rasa lemas yang tak tertahankan bisa mengakibatkan pingsan. Pingsan sangat berbahaya jika seseorang terbiasa mengendarai.

Sering Mengalami Pusing

Bukan sekedar pusing biasa, pusing terjadi sebagai ciri – ciri penyakit ginjal adalah karena kurangnya suplai oksigen menuju otak. Darah akan mengental dan kurang asupan nutrisi ke seluruh sel termasuk otak. Hal inilah yang membuat rasa pusing serta mata berkunang – kunang tidak bisa dihindarkan.

Yang perlu diperhatikan adalah seberapa sering pusing terjadi, bagaimana frekuensi serta intensitasnya. Jika mulai mengganggu, segera lakukan pemeriksaan secara menyeluruh karena pusing bisa menjadi gejala awal berbagai penyakit kronis. Namun, ada juga pusing yang hanya dipengaruhi oleh penyakit – pe–yakit tidak kronis. Jangan meminum obat tanpa resep dokter karena bisa menyebabkan masalah lebih besar.

Memiliki Wajah Pucat

Jika wajah mengalami pucat dan lesu serta pada bagian kelopak mata bawah ada warna putih, maka bisa dipastikan terdapat masalah serius dalam diri orang yang bersangkutan. Masalah tersebut bisa jadi bukan penyakit ginjal, tetapi penyakit ginjal pun bisa mengalami gejala serupa. Warna pucat tidak hanya tampak pada wajah tetapi juga bagian telapak tangan.

Sering Menggigil

Rasa dingin memang kerap menghasilkan badan yang menggigil. Tetapi pada seseorang dengan penyakit ginjal, terutama batu ginjal, proses menggigil bisa terjadi meskipun cuaca sedang tidak dingin. Hal ini memicu seseorang yang memiliki gejala anemia untuk merasakan kedinginan di saat udaranya bahkan tidak terasa dingin.

Kehilangan Konsentrasi

Anemia yang dirasakan ternyata juga memunculkan ciri – ciri penyakit ginjal yang tampak sepele namun ternyata berbahaya yaitu tidak bisa berkonsentrasi. Kurangnya “makanan” otak berupa oksigen sangat bia menghancurkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat konsentrasi seseorang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *