Deretan 8 Kopi dengan Harga Paling Mahal di Dunia – BeritaPrima.com

Deretan 8 Kopi dengan Harga Paling Mahal di Dunia

Minuman kopi memang sangat unik. Tiap tahun selalu ada terobosan terbaru untuk membuat kesannya berbeda-beda. Para pecinta kopi pasti selalu mencari tahu informasi yang berkaitan dengan kopi. Misalnya soal harga kopi paling mahal di dunia. Apakah Anda masih mengira kalau kopi luwak jadi yang termahal saat ini? Untuk menjawabnya, silakan cek daftar berikut.

1. Kopi Black Ivory

Konsepnya sama seperti kopi luwak. Hanya saja, kopi ini berasal dari Thailand dengan menggunakan perut gajah sebagai lumbung fermentasinya. Adanya black ivory ternyata hasil meniru kopi luwak khas Indonesia. Harganya per pon senilai lebih dari 500 Dolar. Mahalnya harga black ivory dikarenakan jumlah gajah yang cukup langka.

2. Kopi Finca El Injerto

Posisi kedua diisi oleh kopi seharga 500 Dolar per pon ini. Faktor yang membuat kopi ini termahal kedua karena varian kopinya sangat langka. Rasanya juga cukup kaya dan bentuk bijinya kecil-kecil. Kualitasnya semakin bagus dengan adanya proses penggilingan biji kopi hingga 2 kali. Kopi ini juga sudah sangat terkenal di dunia.

3. Kopi Hacienda La Esmeralda

Namanya sangat cantik, ya. Kopi seharga 350 Dolar per pon ini berasal dari Gunung Baru di negara Panama. Tahukah Anda? Hacienda la esmeralda pernah memenangi kontes kopi sebagai juara pertama tahun-tahun lalu. Uniknya, tumbuhan kopi ini selalu dinaungi oleh pohon jambu biji.

4. Kopi Luwak

Akhirnya sampai juga pada kopi kebanggaan Indonesia ini. Di dunia, harga kopi luwak per ponnya mencapai 160 dolar. Jadi bukan yang harganya seribuan dalam kemasan itu loh. Mahalnya kopi luwak asli disebabkan oleh adanya fermentasi langsung di perut luwak atau musang. Jenis musang yang biasa memproduksinya adalah jenis pandan dan bulan. Bahkan beberapa tahun lalu pernah menjadi kopi termahal di dunia.

5. Kopi Saint Helena

Tokoh sejarah bernama Napoleon Bonaparte juga pernah mencicipi kopi ini. Letak tumbuhan dan produksinya berada di Pulau Saint Helena. Persis di tengah-tengah Samudera Atlantik Oceania. Sekitar 1.200 mil dari benua Afrika. Mahalnya kopi ini salah satunya dikarenakan daya angkut yang sulit. Untuk satu pon kopi saint helena memiliki harga 79 Dolar.

6. Kopi Jamaican Blue Mountain

Untuk satu pon kopi jamaican blue mountain dihargai sekitar 50 Dolar. Kadang bisa lebih, tergantung permintaan pasar. Uniknya, pohon kopi in tumbuh di Gunung Jamaican Blue yang memiliki tinggi sekitar 5000 kaki. Area tersebut sering diguyur hujan sehingga suplai airnya berlimpah ruah. Saat kopi ini diminum, efek pahitnya tidak begitu terasa.

7. Kopi Fazenda Santa Ines

Hampir sama jamaican blue mountain, kopi fazenda santa ines juga memiliki harga 50 Dolar per pon. Pusat produksinya berada di negara Brazil. Sedangkan tumbuhannya mudah ditemukan Gunung Mantiquera. Uniknya, kopi ini sudah diproduksi lebih dari 100 tahun. Saat menyesap kopi ini, kamu akan merasakan kesan buah-buahan di dalam kopi.

8. Kopi Starbucks Quadriginoctuple Frap

Selisih harga starbucks ini dengan fazenda dan jamaican tidak berbeda jauh. Kopi ini per ponnya dibanderol senilai 47,3 Dolar. Mahalnya kopi ini dikarenakan produknnya sangat terbatas. Banyak bahan-bahan yang ikut dimasukkan ke dalamnya. Sebut saja karamel es krim, moka frappucino, cip vanilla, dan lain-lain.

Sedangkan untuk nomor 9 dan 10 ditempati oleh kopi los planes asal El Savador dan kopi hawaiian kona. Harganya berturut-turut senilai 40 Dolar dan 34 Dolar per pon. Kita wajib bangga dengan pencapaian yang sudah ditorehkan oleh kopi luwak. Ketika dunia turut menikmatinya, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kualitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *