Ini Yang Dilakukan Rio Setelah Menjadi Pembalap Cadangan – BeritaPrima.com

Ini Yang Dilakukan Rio Setelah Menjadi Pembalap Cadangan

BeritaPrima.com, Jakarta – Rio Haryanto tidak lagi menjadi pembalap utama tim Manor Racing di ajang F1. Di sisa perlombaan, Rio hanya menjadi pembalap cadangan mendampingi Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon.

Meski kecewa, Rio Haryanto tetap bersyukur masih bisa bersama Manor Racing. Dia paham untuk bisa berlaga di ajang F1 merupakan hal yang sangat sulit. Maka itu, dia bertekad untuk memanfaatkan peluang sebagai pembalap cadangan untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya.

“Ini opsi yang paling baik untuk terus berada di lingkaran formula satu. Saya akan terus datang ke sirkuit di setiap race untuk bisa melihat perkembangan tim Manor Racing dan terus belajar tentang mobil F1, strategi dan banyak lagi yang bisa saya pelajari di luar mengendarai mobil itu sendiri,” kata Rio usai talkshow #Raise The Bar Drivers bersama Pertamina di arena GIIAS 2016 di ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (13/8/2016).

Dia tidak bisa memastikan dirinya turun balap di sisa race musim ini. Meski begitu, kesempatan itu selalu terbuka.

“Kesempatan tetap ada meski sebagai pembalap cadangan. Misalkan kalau ada salah satu pembalap yang cedera atau sakit. Tapi saya tidak bisa memastikannya 100 persen,” katanya.

Menyoal masa depannya, Rio belum bisa memutuskannya. Ia berharap bisa tetap berlaga di ajang F1 musim depan.

“Untuk saat ini saya masih melihat opportunity di tahun depan. Di tahun ini banyak pembalap yang memiliki kontrak selama satu tahun, kita bisa melihat situasi di beberapa race terakhir apakah ada celah yang lebih baik di tahun depan,” ucapnya.

Lantas apa yang dilakukan Rio saat ini?

Menjadi pembalap cadangan ternyata tidak membuat hidup Rio Haryanto lebih santai. Pembalap asal Surakarta itu tetap menjalankan kesehariannya dengan menjaga fisik.

“Saat ini saya sudah berada di Indonesia. Saya tetap melakukan latihan-latihan fisik untuk menjaga stamina dan menikmati waktu yang ada bersama keluarga,” ujar Rio di sela acara Pertamina di arena GIIAS 2016 di ICE BSD City, Tangerang.

Di masa rehatnya saat ini, Rio Haryanto mengaku akan berlatih menggunakan alat simulator yang ada di rumah dan tetap melakukan komunikasi dengan tim Manor Racing.

“Saya akan latihan via simulator di rumah, latihan di sirkuit juga dan berdiskusi dengan engineer via email untuk mengetahui perkembangan mobil dan tim,” katanya.

Rio mengaku kepastian balap di musim depan tidak bisa dipastikan. Namun dirinya berharap, masih bisa berlaga ajang F1 tahun depan.

“Saya mohon dukungannya. Saya berharap bisa ikut lagi F1 di tahun depan dan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi,” katanya. (feb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *