Gelar Perkara Ahok Hadirkan 17 Saksi Ahli – BeritaPrima.com

Gelar Perkara Ahok Hadirkan 17 Saksi Ahli

BeritaPrima.com, Jakarta – Selama proses penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang menyeret nama Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), Bareskrim Polri sudah meminta keterangan lebih kurang 40 saksi ahli.

Kabareskrim Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, hasil pemeriksaan dan interview tersebutlah yang dipaparkan saat gelar perkara dilakukan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tahapan penyampaian hasil penyelidikan dari penyelidik, termasuk dengan bukti kemudian terangkan atau putarkan videonya, kemudian penyidik membacakan bagian penting ataupun esensi has dari hasil interview dari semua saksi yang dimintai keterangan sekitar 40-an,” kata Ari di Kompleks Mabes Polri, Selasa (15/11/2016).

Ari yang juga pemimpin gelar perkara mengatakan pada gelar perkara kali ini tidak semua ahli tersebut dihadirkan. Hanya perwakilan saja dari pihak pelapor, terlapor dan penyidik sendiri. Totalnya sebanyak 17 orang.

“Kemudian hadir pada hari ini tidak semua kita hadirkan, perwakilan saja yang dibacakan dari pihak pelapor ada enam, pihak terlapor enam, kemudian dari kita penyidik menghadirkan ada lima ahli,” katanya.

Selanjutnya setelah penyidik memaparkan hasil penyelidikan barulah pihak pelapor menkoreksi atau pun menambahkan bukti tambahan yang disampaikan penyidik.

“Setelah selesai kegiatan ini, informasi akan kita tutup dan pihak-pihak dipersilahkan kembali ke rumah, kemudian melaksanakan perumusan untuk merekomendasi kepada penyidik apakah nanti perkara dianggap cukup bukti sehingga dilaksanakan penyidikan atau bukan dianggap tindak pidana, maka dianggap selesai,” tukasnya. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *