Geledah Kantor Direktur Pelindo III, Polisi Sita 17 Buku Rekening Bersaldo Total Rp 15 Miliar – BeritaPrima.com

Geledah Kantor Direktur Pelindo III, Polisi Sita 17 Buku Rekening Bersaldo Total Rp 15 Miliar

BeritaPrima.com, Surabaya – Tim gabungan dari Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Polda Jawa Timur dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak menggeledah ruang Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo III, di Jalan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (1/11/2016).

Dari penggeledahan tersebut, tim menyita 17 buku rekening.

“17 rekening kategorinya dua, (yakni) penampung dan penerima,” ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri Brigadir Jenderal Pol Agung Setya dalam konferensi pers yang digelar di Gedung H Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, (2/11/2016).

Total saldo di 17 rekening yang disita, kata Agung, mencapai Rp 15 miliar.

Ia menjelaskan, dalam prosesnya perusahaan-perusahaan kontainer mentransfer sejumlah uang ke PT Akara agar bisa keluar dari pelabuhan Tanjung Perak (dwelling time).

“Bahkan kontainer (milik perusahaan asal) Singapura pun sudah bayar hari ini karena untuk mempercepat,” kata dia.

Uang yang sudah terkumpul itu dibagikan kepada sejumlah pihak yang ada di Pelabuhan Tanjung Perak.

Namun, Agung tidak bisa mengungkapkan para penerima uang tersebut. Sebab, pihaknya masih terus mendalami kasus ini.

“Disebar ke rekening rekening lain. Ini akan kami telusuri karena dana yang masuk adalah dana hasil kejahatan,” kata dia.

Praktik pungutan liar yang melibatkan salah satu direktur di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III ditengarai terjadi sejak 2004.

Pungli tersebut dilakukan terhadap truk-truk yang memuat barang impor di kawasan Terminal Petikemas Surabaya.

“Untuk satu truk, bisa dikenakan Rp 500.000 sampai Rp 2 juta. Pungli itu dibebankan kepada perusahaan impor,” kata Kepala Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Takdir Matanette, Selasa (1/11/2016).

Menurut Takdir, pungli itu atas sepengetahuan RS sebagai Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo III.

RS pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Terminal Petikemas Surabaya, salah satu anak perusahaan PT Pelindo III. RS diamankan setelah gabungan tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (Saber Pungli) Polri, Polda Jatim, dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, yang menggeledah ruangannya kemarin siang.

Dari ruangan RS, tim Saber Pungli menemukan uang tunai Rp 600 juta. Selain itu, komputer dekstop yang diduga berisi dokumen penting juga diamankan sebagai barang bukti. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *