Gila! Batu Giok Makin Diburu, Harganya Lampaui Emas – BeritaPrima.com

Gila! Batu Giok Makin Diburu, Harganya Lampaui Emas

BeritaPrima.com – Selama zaman dinasti Han, para bangsawan Cina kadang-kadang dikubur dalam jas giok yang terbuat dari rangkaian ratusan bata giok ukuran kecil dan kadang-kadang dengan benang emas.

Itu merupakan unjuk kemewahan tentang status seseorang. Namun hal itu juga menunjukkan bahwa giok menawarkan perlindungan dari pembusukan secara fisik.

Dan selama berabad-abad sejak dinasti itu, ada koneksi mendalam antara kebudayaan Cina dan batu mulus berwarna hijau itu.

Menurut Kent Wong, direktur pelaksana toko perhiasan mewah Hong Kong, Chow Tai Fook, giok biasanya mencerminkan kesehatan baik dan umur panjang bagi orang China.

Jas giok tidak lagi dipakai, tetapi permintaan akan batu ini meningkat di Cina yang semakin makmur. Credit Suisse mengatakan sekarang terdapat ada 109 juta kelas menengah di Cina yang jika ditotal memegang aset keuangan dan real estat USD7,3 triliun. Lebih dari dua juta warga Cina adalah miliuner.

Dengan kekayaan sebanyak itu maka tak mengherankan jika lebih banyak warga Cina sekarang ini memborong barang-barang mewah seperti giok. Selama tahun-tahun belakangan Cina mengalami pertumbuhan ekonomi dua gigit, kata Wong.

Permintaan akan giok hampir seluruhnya berasal dari pasar Cina. Produk kualitas paling baik, harganya dapat melampui emas.

Bahkan sejatinya, giok begitu berharganya sehingga para penjahat di bagian belahan dunia lain menunjukkan ketertarikan.

Seorang penjahat di Inggris baru-baru ini dijatuhi hukuman penjara karena menjarah artefak giok dari museum-museum dan rumah lelang. Artefak tersebut ditaksir bernilai sekitar USD79 juta atau setara dengan Rp 1 triliun lebih di pasar lelang Cina, meskipun karena kesalahan sang penjahat bersangkutan, barang-barang itu tak sampai ke pasar lelang.

Selanjutnya >>

(Visited 53 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *