Resep Mudah Membuat Gulai Asin Ikan Tongkol Khas Padang – BeritaPrima.com

Resep Mudah Membuat Gulai Asin Ikan Tongkol Khas Padang

Jika Anda gemar makan-makanan padang, tentu Anda harus mencoba salah satu kuliner khas sumatera yang satu ini. Yup, gulai asin ikan tongkol yang enak, gurih, dan sedikit pedas tentu dapat menggugah selera nafsu makan Anda.

Pada umumnya, makanan ini bisa didapatkan dengan mudah jika Anda mengunjungi rumah makan padang. Meskipun demikian, tentu adakalanya Anda ingin mencoba berkreasi bukan? Nah, jika Anda ingin mencoba untuk menyajikan makanan khas kuliner Indonesia ini. Tentu Anda bisa mencobanya, berikut beberapa hal yang harus Anda siapkan.

Bahan:

1 kg ikan tongkol segar

8 buah belimbing sayur

4 lembar daun salam

6 sendok makan perasan air jeruk nipis

4 batang serai, memarkan

15 buah cabai merah, iris

6 siung bawang putih, iris tipis

10 buah bawang merah, iris tipis

1000 cc santan kelapa

20 lembar daun ruku-ruku (kemangi)

Bumbu Halus:

1/2 sendok teh garam, sesuai selera

¼ sendok sasa, Secukupnya

5 cm kunyit

4 cm jahe

4 cm lengkuas, memarkan

Cara Membuat:

  • Ikan tongkol dipotong-potong sesuaikan dengan selera. Kemudian cuci bersih. Lalu taburi ikan dengan garam, sasa dan perasan air jeruk nipis. Selanjutnya biarkan selama 15 menit.
  • Campurkan semua bumbu di atas, kecuali belimbing sayur dan daun kemangi/ruku-ruku. Kemudian masak bersama-sama santan hingga mendidih. Saat memasak santan dan bumbunya telah mendidih maka mesti sering-sering diaduk rata supaya santannya tidak pecah.
  • Bila telah mendidih lalu masukkanlah belimbing sayur dan potongan ikan tongkolnya. Diaduk rata dan tunggu hingga mendidih kembali baru kemudian memasukkan daun ruku-ruku (kemangi). Aduk yang merata.
  • Masaklah gulai asin ikan tongkol hingga santannya sedikit berminyak dan bila telah matang dan dagingnya telah empuk, segera angkat dan hidangkan pada tempat saji.

Setelah selesai, tentu ada baiknya Anda tidak langsung menyantapnya. Karena makanan ini, meskipun lebih cocok disajikan dalam keadaan hangat. Namun, jika terlalu panas menjadikan rasa yang enak tersebut menjadi sedikit berkurang. Oleh karena itu, untuk mendapatkan citra rasa yang lebih nikmat, ada baiknya Anda menyajikannya ketika hangat dengan nasi yang tidak terlalu panas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *