Harga Pompa Air yang Terjangkau, Simak Pertimbangan Berikut! – BeritaPrima.com

Harga Pompa Air yang Terjangkau, Simak Pertimbangan Berikut!

Pompa air saat ini menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga untuk memudahkan mendapatkan air bersih terutama yang memiliki sumur sebagai sumber air. Harga pompa air sendiri bervariasi karena tergantung merk dan juga hal yang lainnya misalnya spesifikasi. Sehingga sebelum Anda memutuskan untuk membeli pompa air, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama adalah budget yang Anda miliki. Setelah Anda menentukan berapa besar dana yang akan Anda gunakan lalu Anda harus mencari informasi mengenai pompa air mana saja yang memiliki harga sesuai dengan budget Anda.

Kedua adalah ketahui kedalaman permukaan air dari sumber air tersebut. Anda bisa menggunakan alat seperti popa pompa air atau dengan alat ukur yang lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat mengenai kedalaman dari air tersebut. Anda bisa juga menggunakan jasa tukang pembuatan sumur yang sudah ahli dan bisa menentukan dengan tepat tanpa Anda harus bersusah payah mengukurnya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan mengenai kemungkinan air yang susut saat musim kemarau tiba atau debit air yang naik saat musim penghujan tiba. Saat penempatan pipa, sebaiknya beri jarak antara pompa dengan permukaan tanah sekitar ½-1 meter.

Ketiga adalah jenis dari pompa tersebut. Jenis pompa juga akan mempengaruhi harga pompa air yang akan Anda pilih. Terdapat 4 jenis pompa yaitu:

  • Pompa sumur dangkal yang cocok untuk digunakan di sumur atau sumber air yang memiliki kedalaman permukaan air yang kurang dari 7 meter.
  • Pompa semi jet pump yang cocok untuk kedalaman permukaan air 7-9 meter.
  • Pompa het pump untuk sumber air dengan kedalaman sekitar 7-20 meter.
  • Pompa submersible untuk tempat dengan kedalaman permukaan air yang lebih dari 20 meter.

Keempat adalah spesifikasi dari pompa tersebut. Masing-masing pompa memiliki spesifikasi yang tinggi dan spesifikasi yang dimaksud lebih ke daya hisap dari pompa air tersebut. Jika Anda langsung membelinya di toko, Anda akan bingung untuk memilih yang mana. Untuk meminimalisir hal tersebut Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu dan kemudian memilih di toko dan jangan lupa untuk menyiapkan jenis pompa cadangan yang akan Anda beli. Anda bisa meminta bantuan ke pelayan toko untuk memberikan saran.

Kelima adalah voltase dan daya listrik. Perhatikan mengenai daya listrik di rumah Anda sehingga bisa disesuaikan dengan jenis pompa dan tidak membuat listrik anda digunakan secara berlebihan serta menghindari listrik down dan membuat Anda harus meningkatkan daya listrik. Untuk jenis pompa sumur dangkal biasanya menggunakan listrik 125-200 watt dan semi jet pump dengan 100-250 watt. Daya listrik yang semakin besar akan mempengaruhi besarnya volume dan kapasitas air yang dikeluarkan oleh pompa tersebut.

Hal lainnya yang harus dipertimbangkan untuk memilih dan membeli dengan harga pompa air yang terjangkau yaitu:

  • Ketinggian tower atau berapa ketinggian air tersebut akan disalurkan. Kedalaman daya hisap akan berpengaruh pada daya dorong pompa. Sehingga, semakin pendek daya hisap maka akan semakin jauh daya dorong nya.
  • Pemutus arus. Pilih jenis pompa air yang dilengkapi thermal protector dan circuit breaker untuk memutuskan arus listrik ketika beban pompa berlebihan sehingga tidak terbakar.\
  • Pilih pompa dengan suara yang halus.
  • Debit air per jamnya yang sesuai dengan kebutuhan air di rumah Anda. Dengan daya listrik yang sama sebaiknya pilih jenis pompa yang memiliki kapasitas debit per jam yang lebih besar dan cepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *