Hari Ini 7 Parpol ‘Anti Ahok’ Bertemu, Usung Risma-Sandiaga? – Laman 2 – BeritaPrima.com

Hari Ini 7 Parpol ‘Anti Ahok’ Bertemu, Usung Risma-Sandiaga?

Seperti diberitakan sebelumnya, hampir semua dari enam parpol yang bakal bertemu tersebut menolak untuk mencalonkan Ahok. Diantaranya yang sudah tegas-tegas menyatakannya secara eksplisit adalah PPP, PKB, PAN, dan PKS. Sedangkan Demokrat dan PDIP belum pernah menyatakan penolakan secara resmi, meskipun para elitnya berkali-kali menyatakan untuk tidak mengusung calon yang ciri-cirinya mengarah ke Ahok.

Keenam parpol tersebut juga beberapa kali mewacanakan untuk membangun koalisi besar atau koalisi gemuk untuk bisa memenagkan Pilgub melawan Ahok. Bila koalisi besar terbentuk, maka bisa dipastikan cagubnya berasal dari PDIP karena merupakan parpol terbesar di DKI.

Mengenai siapa Cagub yang diusung PDIP memang belum jelas. Tetapi dari kecenderungan yang terjadi belakangan ini, nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini semaki menguat. Selain dukungan publik yang terus menguat dan parpol-parpol ‘anti-Ahok’ juga mendukungnya, Risma sendiri belakangan memberi isyarat untuk siap maju.

Sedangkan Cawagubnya juga sudah semakin jelas, yakni Sandiaga Uno. Selain karena Gerindra merupakan ffraksi terbesar kedua di DPRD DKI, juga karena hampir semua dari keenam parpol tersebut bisa menerima Sandiaga. Maklum, Sandiaga memang aktif menjalin komunikasi dengan para elit parpol-parpol tersebut. Dia bahkan ikut mendaftar sebagai Bacagub dalam penjaringan yang dilakukan parpol-parpol tersebut.

Tak salah bila ada dugaan kuat bahwa pertemuan enam parpol yang digelar hari ini akan mengarah pada pembahasan rencana koalisi besar dengan mengusung pasangan Risma – Sandiaga. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *