Hebat, Siswa SMK di Sukabumi Bikin Robot Penjinak Bom Dari Bahan Bekas – BeritaPrima.com

Hebat, Siswa SMK di Sukabumi Bikin Robot Penjinak Bom Dari Bahan Bekas

BeritaPrima.com, Sukabumi – Sebuah robot penjinak bom berhasil diciptakan siswa-siswa SMK Yapan Parakan Salak, Sukabumi. Hebatnya, robot penjinak bom ini dibangun dari barang-barang limbah atau bekas.

Sebenarnya proyek pembuatan robot penjinak bom ini telah dilakukan dalam satu tahun terakhir ini. Dan selama satu tahun terakhir telah dilakukan beberapa percobaan dan hasilnya sangat memuaskan.

Hardware dan komponennya dirakit satu demi satu di laboratorium sekolah. Barang-barang bekas seperti bekas printer, mainan anak-anak, besi kursi, hingga accu motor pun dimanfaatkan.

Untuk menguji kemampuan robot ini juga telah dilakukan beberapa uji coba menjinakkan bom.Hasilnya pun sangat mengagumkan. Meski dibangun dari bahan bekas, namun robot ini mampu menjalankan tugasnya.

Menurut salah seorang siswa bernama Pascal, setelah sukses merakit robot penjinak bom, mereka berencana menciptakan robot terbang pengintai.

Sementara itu kepala sekolah, Giri Rakasiwi mengatakan, bahwa pembuatan robot ini hanya membutuhkan dana sebesar Rp2 juta karena menggunakan bahan-bahan bekas. Masih menurut Giri, kalau menggunakan komponen serba baru diperkirakan menghabiskan dana Rp20 juta. (feb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *