Ini Desa-Desa Rawan Dalam Pilkades Serenta Kab Mojokerto – BeritaPrima.com

Ini Desa-Desa Rawan Dalam Pilkades Serenta Kab Mojokerto

BeritaPrima.com, Mojokerto – Rencana pemilihan kepala desa (pilkades) yang digelar serentak pada Rabu (21/9/2016) menjadi perhatian Pemkab Mojokerto.

Itu karena adanya titik rawan dari tahapan pilkades, di mana yang krusial adalah pascapemungutan dan penghitungan suara karena calon kades bisa memprotes hasil pemungutan suara.

Kabag Pemerintahan Sekkab Mojokerto, Rachmat Suharyono menjelaskan, tahapan pilkades yang jadi perhatian adalah saat pascapemungutan dan penghitungan suara.

“Pasca penghitungan suara, kami memberi waktu tiga hari bagi calon yang tak menerima hasil perhitungan suara,” tuturnya, Selasa (20/9/2016).

Dijelaskan, adanya tahapan itu sesuai dengan UU No 9/2014 tentang Desa. Pada tahapan ini, dia menilai rawan karena kemungkinan ada calon yang bisa saja tak menerima hasil pemungutan suara.

Desa yang rawan melakukan protes hasil penghitungan suara itu dimasukkan kriteria jumlah pemilih, calon kades yang banyak, serta sejarah sengketa pilkades sebelumnya.

“Ada beberapa desa yang masuk dalam kreteria itu, seperti di Desa Temon Kecamatan Trowulan,” katanya.

Dia juga mengurai, untuk desa yang rawan dengan kriteria jumlah pemilih yang cukup banyak, contohnya seperti Desa Ganggu yang punya 7.102 pemilih. Lalu Desa Jetis, Kecamatan Jetis sebanyak 4.341 pemilih, kemudian Desa Banjarmasin Kecamatan Puri sebanyak 6.781 pemilih, serta Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro sebanyak 4.782 pemilih.

Kalau dilihat dari sejarah permasalahan pilkades pada 2014 lalu, adalah seperti Desa Temon, Kecamatan Trowulan.

“Sedangkan untuk kriteria jumlah calon kades yang banyak, itu ada di Desa Gunungan, Kecamatan Dawarblandong yakni lima calon. Ada pula di Desa Ngabar Kecamatan Jetis, Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg, Desa Kejagan dan Sentonorejo Kecamatan Trowulan, serta Desa Banjaragung Kecamatan Puri. Masing-masing desa punya empat calon kades,” pungkasnya. (bar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *