Ini Dia Cara Mudah Membuat Bubur Kacang Hijau Enak – BeritaPrima.com

Ini Dia Cara Mudah Membuat Bubur Kacang Hijau Enak

Di Indonesia kudapan bubur banyak jenis dan rasanya. Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan beragam jenis bubur yang hadir dipasaran seperti bubur ayam, bubur kacang hijau, dan juga bubur sumsum. Rasanya pun bervariasi, ada yang berasa manis dan berasa asin. Tetapi kali ini kita akan membahas salah satu jenis bubur yang berasa manis yaitu bubur kacang. Bubur kacang merupakan jajanan tradisional yang memang sejak dari dahulu sudah sangat terkenal dan setiap orang tahu cara membuat bubur kacang hijau. Bubur ini sesuai dengan namanya yaitu menggunakan kacang hijau sebagai bahan dasar pembuatannya. Biasanya bubur ini akan disajikan dengan diberi tambahan santan. Akan sangat nikmat disantap dalam keadaan hangat terlebih pada saat cuaca sedang dingin.

Sekarang ini ada beberapa macam variasi kuliner dari bubur kacang hijau seperti bubur kacang hijau biasa, bubur kacang hijau ketan hitam, bubur kacang hijau ketan merah, bubur kacang ijo ubi, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa ahli gizi mengatakan jika makanan bubur kacang hijau ini akan memberikan nutrisi yang terbaik bagi kesehatan tubuh. Menggunakan bahan dasar kacang hijau dan santan putih akan sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Telah terbuktinya khasiat dari mengkonsumsi kacang hijau ini seperti sangat baik untuk kesehatan saraf otak, hati, jantung, jaringan sel sel darah, tulang, mata, gigi gusi, dan organ tubuh yang lainnya. Pasalnya kacang hijau mengandung beberapa gizi dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dengan segudang kandungan gizi yang ada didalam makanan bubur kacang hijau (kacang hijau dan santan putih) maka akan menjadi salah satu sumber makanan olahan yang komplit kandungan gizi dan nutrisinya jika dibandingkan dengan makanan olahan yang lainnya. Penjual yang menjajakan bubur kacang ini memang banyak sekali, terkadang kita akan menemukan penjual bubur yang berkeliling atau melewati rumah sehingga akan memudahkan kita untuk menikmatinya. Tetapi tidak ada salahnya juga jika kita membuatnya sendiri di rumah, karena adanya cara membuat bubur kacang hijau yang mudah dan dijamin enak. Berikut cara mudah membuat bubur kacang hijau enak diantaranya yaitu :

Bahan bahan yang dibutuhkan

  • 250 gram kacang hijau, lalu dicuci bersih dan selama 1 jam direndam.
  • 2 liter air mineral.
  • 150 ml santan kental.
  • 4 sdm gula pasir.
  • 1 sdt garam.
  • 2 cm jahe dimemarkan.
  • 2 lembar daun pandan.

Cara pembuatannya :

  • Rebus kacang hijau yang sudah direndam selama 1 jam tadi didalam 1 liter air hingga kacang empuk dan matang, lalu sisihkan.
  • Gula merah dan gula pasir direbus didalam air 500 ml lalu tunggu hingga gulanya larut.
  • Setelah gula merah dan gula pasirnya larut dan mendidih, kemudian tuangkan larutan gula tersebut kedalam air rebusan kacang hijau dengan menggunakan saringan.
  • Kacang hijau direbus kembali lalu daun pandan dan santan dimasukkan, kemudian diaduk hingga merata.
  • Setelah itu jahe dan garam dimasukkan lalu diaduk hingga rata, dan terus diaduk hingga santannya berbusa.
  • Dan bubur kacang hijau hangat dan nikmatpun siap untuk dinikmati.

Itulah cara mudah membuat bubur kacang hijau enak. Bagaimana mudah kan cara membuatnya? Dengan membuatnya sendiri di rumah maka akan terjaga kualitas bahan dan kebersihannya. Dan juga dengan membuatnya sendiri maka kita akan bisa membuat bubur kacang dalam jumlah yang banyak sehingga bisa dinikamti bersama seluruh keluarga dengan sepuasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *