Ini Dia Proses Pembuatan Teh – BeritaPrima.com

Ini Dia Proses Pembuatan Teh

Kita yang terlahir di negara Indonesia, tentu harus bersyukur karena hidup ditanah yang kaya sumber daya alamnya. Salah satu kekayaan alam Indonesia, yakni melimpahnya hasil panen dari perkebunan Teh. Seperti yang kita ketahui bahwa Teh, merupakan sebuah minuman yang mengandung kafein. Selain kafein, ada juga beberapa jenis vitamin yang terkandung pada minuman Teh. Dinegara Indonesia sendiri, meminum air Teh bukanlah hal yang asing lagi. Namun tahukah anda, bahwa dikawasan Eropa dan Asia Timur, meminum air teh merupakan sesuatu hal yang istimewa. Saking istimewanya air teh, mereka pun menjadikannya sebagai sebuah tradisi.

Berbicara soal air Teh, mungkin sebagian besar dari kita hanya tahu cara meminumnya saja, tanpa mengetahui proses pembuatan Teh itu sendiri. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut dibawah ini ada ulasan mengenai proses pembuatan teh “ Mari kita simak “ :

  1. Pemetikan daun dan pucuk Teh

Tahap yang pertama dalam pembuatan Teh adalah, pemetikan daun dan pucuk teh terlebih dahulu. pemetikan itu sendiri bisa dilakuakan dengan dua cara, yakni dengan cara manual menggunakan gunting, dan cara yang modern menggunakan mesin petik. Daun teh yang berumur 12 hari-lah, yang akan dipetik untuk dikumpulkan. Setelah daun dan pucuknya terkumpul sesuai target, selanjutnya dibawa ke pabrik untuk  diproses ketahap selanjutnya.

  1. Daun dan Pucuk Teh Akan Dilayukan

Daun dan pucuk teh segar yang telah terkumpul selanjutnya akan dilayukan, dengan cara dimasukan kedalam mesin uap panas. Pemanasan itu sendiri bertujuan untuk mengurangi kada air pada daun dan pucuk teh. Selain menggunakan mesin uap panas, proses peng-layuan juga bisa dilakuakn dengan cara manual, yakni dengan cara dijemur dibawah sinar matahari.

  1. Daun dan Pucuk Teh Akan Digiling

Daun dan pucuk yang telah layu selanjutnya akan digiling. Proses yang satu ini biasa disebut dengan tahap penggilingan, dan bertujuan untuk memecahkan sel-sel daun dan pucuk teh. Setelah tekstur dari daun dan pucuk teh berubah menjadi serbuk, selanjutanya akan dimasukan kedalam wadah yan telah diberi tanda Organik. Penggilingan ini biasanya berdasarkan permintaan dari para suplier minuman teh.

  1. Fermentasi

Daun dan pucuk teh yang telah digiling tadi, akan disimpan ditempat memanjang dan terbuka seperti meja kayu, agar enzim-enzimnya bisa menyatu dengan udara yang telah teroksidasi.

  1. Tahap Pengeringan

Setelah daun dan pucuk teh selesai pada tahap fermentasi, kemudian akan berlanjut ke tahap pengeringan. Pengeringan itu sendiri dilakukan ditempat-tempat terbuka, agar mendapatkan hasil kering yang alami karena terkena sengatan sinar matahari.

  1. Pengemasan

Yang satu ini merupakan tahap terakhir atau yang biasa disebut dengan Finishing. Daun dan pucuk yang telah kering akan dimasukan kedalam kemasan, dan siap diedarkan kepasaran.

Itulah ulasan mengenai proses pembuatan teh, yang dapat disampaikan. Cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *