Inilah 5 Faktor Penyebab Asam Lambung Naik Yang Wajib Anda Ketahui – BeritaPrima.com

Inilah 5 Faktor Penyebab Asam Lambung Naik Yang Wajib Anda Ketahui

Apa yang dimaksud dengan asam lambung naik ? Penyakit asam lambung itu dimana kondisi kadar asam pada lambung mengalami peningkatan dengan grafik yang tinggi. Meningkatnya kadar asam lambung dikarenakan beberapa hal seoerti rasa stress, memakan makanan pedas, alergi obat-obatan, kebiasaan meminum minuman beralkohol, dan sebagainya. Selain itu, ada beberapa gejala asam lambung naik seperti mual, muntah-muntah, perut kembung, dan sesak nafas. Penyakit yang dalam istilah medis ini adalah Gastroesophageal reflux, kerap mengganggu sistem pencernaan yang akan berimbas pada bagian cincin otot lambung, yang diakhiri dengan meningkatnya produksi kadar asam lambung. Sebagai bentuk antisispasinya, pada ulasan kali ini akan mengulas seputar 5 faktor penyebab asam lambung menjadi naik :

  1. Minuman Beralkohol

Faktor yang pertama penyebab asam lambung naik, yakni kebiasaan meminum minuman beralkohol. Seperti yang kita ketahui, bahwa minuman yang satu ini memang tidak ada manfaattnya sama sekali bagi kesehatan tubuh. Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol, dapat menyebabkan asam lambung naik dan akan merusak semua sel jaringan lambung.

  1. Meminum Minuman Ber-cafein Secara Berlebihan

Faktor kedua penyebab asam lambung menjadi naik, yakni meminum minuman ber-cafein secara berlebihan. Selain minuman beralkohol, minuman yang mengandung cafein juga dapat meningkatkan kadar asam lambung lho. Minuman bercafein itu sendiri diantaranya adalah air teh dan kopi. Dengan demikian, dalam sehari kita hanya diperbolehkan untuk meminum segelas air teh dan kopi saja.

  1. Kurangnya Waktu Istirahat Tidur

Faktor ketiga penyebab asam lambung naik, yakni kurangnya waktu istirahat tidur. Pada dasarnya, kita dianjurkan untuk tidur selama 6 – 8 jam per harinya. Jika kurang dari 6 – 8 jam, kemungkinan besar bahwa kadar asam lambung kamu akan meningkat. Selain berdampak pada lambung, kurangnya waktu tidur juga akan mengganggu kesehatan jantung dan sel otak.

  1. Memakan Makanan Pedas dan Asam

Faktor keempat penyebab asam lambung naik, yakni memakan makanan pedas dan asam secara berlebihan. Dalam hal ini, kamu harus bisa mengontrol porsi makanan-makanan yang pedas dan asam.

  1. Program Diet Ketat

Faktor yang kelima sekaligus yang terakhir penyebab asam lambung naik, yakni program diet ketat. itu sebabnya, mengapa orang yang menjalankan program diet ketat sangat rentan terkena penyakit asam lambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *