Inilah Cara Paling Tepat Untuk Menghitung Berat Badan Ideal – BeritaPrima.com

Inilah Cara Paling Tepat Untuk Menghitung Berat Badan Ideal

Bisa dipastikan bahwa semua orang di dunia ini ingin memiliki postur tubuh yang ideal. Entah itu kaum pria maupun kaum perempuan, mereka sama-sama ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Pasalnya, memiliki bentuk tubuh yang ideal dapat memompa rasa kepercayaan diri kita. Berbicara soal bentuk tubuh yang ideal, hal ini tidak selalu dipandang dari fisiknya saja. Maka dari itu, kita harus mengetahui tentang cara menghitung berat badan ideal. Yang jadi pertanannya disini, cara seperti apakah yang harus kita lakukan agar bisa menghitung berat badan ideal ? Dikutip dari berita seputar dunia kesehatan, ada 2 rumus yang bisa kita gunakkan untuk menghitung berat badan ideal. Rumus yang dimaksud tadi adalah rumus Brocha dan rumus BMI. Lantas, bagaimana cara kerja dari kedua rumus tersebut ? Tanpa banyak panjang lebar lagi, simaklah penjelasannya dibawah ini.

Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus Brocha :

Berat Badan Ideal = tinggi badan – 100 – (15 % x hasil tinggi badan). Misalkan saja tinggi badan anda itu sekitar 167 cm, maka 167 – 100 – 15 % x tinggi badan – 100 = 67 – 15 % x 67 = 67 – 10,5 = 56.5 kg. Artinya, anda memiliki berat tubuh 56.5 kg dengan tinggi badan 167 cm. Perlu diingat, presentase 15 % bisa berubah menjadi 10 % apabila anda dalam keadaan yang sehat.

Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus BMI :

BMI (Body Mess Index) atau yang biasa disebut dengan nama IMT (Index Massa Tubuh), bisa anda gunakan untuk menghitung berat badan ideal. Sama halnya dengan rumus Brocha, rumus BMI juga merupakan hasil perhitungan yang berdasarkan tinggi badan. Sebagai contohnya, Berat badan ideal = berat badan (kg) : tinggi badan x tinggi badan. Misalkan berat badan anda itu adalah 50 kg dan tinggi badan 1,68 m. 50 : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 nilai BMI anda dan termasuk kedalam kategori kurus. Adapun mengenai kategori yang sesuai dengan angka dari nilai BMI seperti dibawah ini :

  1. BMI kurang dari 18,5 maka termasuk kedalam kategori kurus.
  2. BMI 18,5  sampai 24,9 maka termasuk kedalam kategori normal.
  3. BMI 25,0 sampai 29,9 maka termasuk kedalam kategori kelebihan berat badan.
  4. BMI diatas 30 maka termasuk kedalam kategori bahaya obesitas.
(Visited 16 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *