Inilah Ciri Oli Mobil Anda Sudah Harus Diganti – BeritaPrima.com

Inilah Ciri Oli Mobil Anda Sudah Harus Diganti

BeritaPrima.com – Jika manusia membutuhkan darah untuk hidup, maka bagi mobil oli merupakan darahnya.

Oli merupakan bagian penting dalam mobil. Oli itu sendiri bisa dikatakan sebagai perawatan yang wajib bagi mobil. Dengan menggunakan oli, secara tidak langsung juga Anda telah merawat mesin mobil Anda. Menurut news.okezone.com, terdapat 7 manfaat dari oli yang bisa didapatkan.

Mengapa? Karena oli itu sendiri memiliki fungsi untuk melindungi komponen-komponen pada mesin mobil Anda serta tida mudah panas. Dengan demikian, oli memiliki peran penting karena jika mesin mobil Anda rusak tentu saja bagian lainpun bisa rusak.

Oleh karena itu, rawatlah mobil Anda, salah satunya dengan mengetahui kapan oli mobil Anda perlu diganti. Berikut ini merupakan tanda-tanda bahwa oli mobil Anda sudah harus diganti:

1.    Perhatikan Jarak Tempuh Pada Mobil Anda

Gambar point no 1Semakin jauh jarak tempuh mobil Anda, maka semakin mempercepat kerja mesin yang akan berpengaruh pada oli. Dengan demikian, perhatikanlah jarak tempuh mobil Anda, bukan seberapa lama Anda menggunakan mobil Anda.

Semakin jauh jarak tempuh mobil, maka akan lebih baik bagi Anda untuk segera mengganti oli mobil Anda.

Baiknya, gantilah oli secepatnya jika sudah melalui jarak tempuh 3000-5000 km, dengan demikian, mesin mobil Anda juga tidak akan mudah rusak.

2.    Mesin Mobil Terasa Kasargambar point no 2

Selain memperhatikan jarak tempuh, tanda lain yang bisa menunjukkan bahwa oli mobil Anda harus segera diganti adalah dari kasarnya mesin.

Jika Anda merasa cara jalan mesin Anda lebih kasar dari biasanya, atau dengan kata lain sudah tidak semulus semula, maka itu pertanda bahwa oli mobil Anda perlu segera diganti secepatnya.

3.    Cek Warna Oli

gambar point no 3Warna oli menentukan kapan harus atau tidaknya oli diganti. dengan demikian, tidak ada salahnya Anda mengontrol warna pada oli mobil Anda. Jika warnanya sudah hitam dan encer, maka itu tandanya oli mobil Anda perlu diganti secepatnya.

Demikian 3 ciri yang menandakan bahwa oli mobil Anda perlu diganti secepatnya. Menurut Leo, sebagai Head Technician rental mobil ternama di Jakarta mengatakan “merawat mobil tentu saja tidak hanya dari kebersihan dari luar saja. Lebih dari itu, mesin mobil yang merupakan bagian dalam mobil justru perlu lebih diperhatikan lagi,” pungkasnya. (ads)

 

 

 

 

Pencet 'SUKA' untuk ikuti berita kami di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *