Jaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini – BeritaPrima.com

Jaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

 

BeritaPrima.com – Kerusakan gigi pada anak saat ini sudah menjadi masalah terbesar dalam kesehatan pada anak. Kejadian seperti ini adalah biasanya terjadi akibat dari kelalaian orang tua dalam menjaga kesehatan gigi anak, sehingga berdampak buruk pada kesehatan gigi anak.

Menjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal yang tidak dapat orang tua abaikan. Wajar bila anak memiliki kerusakan pada gigi, tetapi hal itu tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut anak jika dibiarkan terlalu lama. Jika terus dibiarkan begitu saja maka akan membuat berubahnya bentuk mulut dan tatanan gigi pada saat anak dewasa nanti. Maka dari itu, harus adanya pencegahan terhadap resiko kerusakan pada gigi anak-anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dan juga memberikan hasil yang terbaik bagi anak-anak kita.

Mengingat efek jangka panjang yang dapat dirasakan oleh anak-anak kita kelak terkait dengan gigi dan mulut mereka, maka sebagai orang tua kita perlu mengantisipasi resiko tersebut sedini mungkin. Menghindari terjadinya kerusakan gigi pada anak, orang tua harus membiasakan beberapa hal penting pada anak. Berikut adalah tips menjaga gigi anak:

  1. Membiasakan membersihkan gigi sedini mungkin

Dimulai dari membersihkan gigi anak sedini mungkin merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan gigi anak. Salah satu diantaranya dapat membersihkan gusi dan gigi bayi dengan menggunakan kain basah setelah selesai makan.

  1. Menggunakan pasta gigi fluoride

Jenis pasta gigi fluoride dapat di gunakan setelah gigi susu anak muncul (bayi berusia 6 bulan) yang membantu mencegah dan mengendalikan keruksakan gigi pada anak. Untuk anak usia di bawah 3 tahun, gunakan pasta gigi fluoride kurang lebih mengandung 1000 ppm fluoride . Sedangkan, untuk anak berusia 3-6 tahun, dapat menggunakan pasta gigi fluoride 1350-1500 ppm. Namun pastikan anak-anak tidak menjilat atau menelan pasta gigi tersebut.

  1. Ajarkan anak teknik menyikat gigi yang tepat

Mengajarkan anak-anak menyikat gigi dengan benar adalah salah satu hal yang penting. Mengetahui cara menyikat gigi yang benar dapat membuat kebiasaan menjaga kesehatan mulut yang baik sejak awal. Ajarkan anak langkah sederhana untuk menjelaskan bagaimana cara memegang sikat gigi dan cara menyikat gigi yang benar.

  1. Flossing atau mebersihkan sela-sela gigi

Flossing atau mebersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang setelah makan itu juga termasuk cara menjaga kesehatan gigi. Sehingga tidak akan ada lagi sisa-sisa makanan yang masih tertinggal pada gigi. Meskipun cara ini  sulit dilakukan pada anak, tetapi cara ini sangat efektif untuk membantu mencegah keruksakan gigi dan bau mulut. Flossing dapat di mulai saat anak mulai memiliki dua gigi geraham, umumnya pada saat anak berusia 2,5 hingga 3 tahun.

  1. Mengonsumsi makan bergizi

Beberapa jenis makanan juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi anak. Terutama pada buah dan sayur dan olahan makanan lainnya yang mengandung kalsium di dalamnya seperti keju non-olahan, yogurt dan susu. Hindarkan anak-anak untuk terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis yang menyebabkan gigi berlubang.

  1. Hindari minuman dingin dan makanan panas

Hindari minuman dingin setelah makan makanan panas atau sebaliknya untuk merawat gigi anak agar tidak mudah retak.

  1. Mengunyah dengan giggi graham

Biasakan anak untuk mengunyah makanan menggunakan gigi geraham kanan dan kiri secara seimbang. Tujuannya agar pertumbuhan rahang sempurna.

  1. Hindari merobek barang dengan gigi

Jangan biarkan anak menggigit dan merobek kemasan jajanan memakai gigi karena selain menimbulkan nyeri, hal ini bisa membuat gigi anak goyang.

  1. Rutin perika kesehatan ke dokter gigi

Anak harus di bawa ke dokter gigi setidaknya satu kali saat dia meninjak usia 2 tahun. Sehingga membuat anak-anak mulai terbiasa dengan lingkungannya dan dapat mencegah terjadinya permasalahan pada gigi sejak dini.

Itu adalah 9 tips menjaga kesehatan gigi anak yang harus dilakukan orang tua untuk mencegah kerusakan pada gigi anak. Sebagai orang tua haruslah memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi anak sejak dini. (adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *