Jangan Anggap Remeh Benjolan di belakang telinga – BeritaPrima.com

Jangan Anggap Remeh Benjolan di belakang telinga

Dalam kehidupan sehari-hari tentu anda akan lebih sering menyentuh setiap bagian tubuh anda entah itu ketika sedang mandi atau sedang berdandan. Namun jika anda menemukan hal asing terjadi pada tubuh anda, maka anda perlu waspada. Contohnya saja ketika muncul benjolan di belakang telinga. Hal ini tentu akan membuat anda khawatir dan akan mengira-ngira tentang penyakit yang sedang dijangkit. Apalagi jika anda yakin bahwa benjolan tersebut baru-baru ini muncul.

Benjolan di belakang telinga merupakan gejala atau tanda adanya penyakit yang terjadi pada masyarakat umumnya. Hal itu terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Namun anda juga perlu mewaspadai benjolan dibelakang telinga tersebut, karena bisa jadi itu adalah tanda penyakit yang serius.

Maka dari itu, anda perlu mengetahui penyebab adanya benjolang di belakang telinga. Berikut ini adalah penyebab adanya benjolan di belakang telinga:

  1. Adanya Infeksi

Hal pertama yang perlu anda ketahui sebagai penyebab adanya benjolan di belakang telinga adalah adanya infeksi. Infeksi ini disebabkan oleh virus dan bakteri jahat yang mengakibatkan adanya pembengkakan pada sekitar wajah atau leher. Jika bagian tersebut terkena infeksi virus dab bakteri maka akan muncul benjolan kecil persis di belakang telinga. Orang yang terkena cacar, campak, atau HIV biasanya ditandai dengan kemunculan benjolang di belakang telinga. Hal tersebut masih bisa diobati dengan antibiotik seperti obat tetes untuk telinga, atau anda juga bisa melakukan pembersihan telingan secara rutin ke dokter THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan). Namun jika setelah diobati benjolan tersebut tak kunjung hilang, terpaksa harus melakukan operasi.

  1. Jerawat

Kemunculan benjolan di belakang telinga yang kedua bisa jadi disebabkan oleh jerawat. Jerawat merupakan tumpukan kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga tubuh tidak bisa mengeluarkan keringat, sehingga keringat tersebut bercampur dengan kotoran dari luar kulit dan membentuk benjolan kecil pada area wajah. Hal ini tentu bisa diatasi dengan cara rajin mencuci muka.

Itulah hal seputar benjolan di belakang telinga yang tidak bisa anda anggap remeh, karena jika dibiarkan akan menjadi penyakit yang serius, sehingga harus melakukan operasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *