Jelang Agustusan, Kampung Bendera Surabaya Kebanjiran Pesanan – BeritaPrima.com

Jelang Agustusan, Kampung Bendera Surabaya Kebanjiran Pesanan

BeritaPrima.com, Surabaya – Perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 jatuh setiap 17 Agustus selalu disambut antusiasme warga. Berbagai kegaitan digelar untuk memeriahkan perayaan tersebut, di antaranya dengan menghias jalan dan memasang bendera Merah Putih, serta umbul-umbul di sepanjang jalan.

Kemeriahan ini juga membawa berkah bagi para perajin dan penjual bendera di kawasan Kampung Bendera, Jagir Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Para penjahit dan penjual bendera di kampung itu mampu meraup untung hingga puluhan juta rupiah selama bulan Agustus.

Setiap harinya, para pedagang dan penjahit bendera Merah Putih melayani permintaan pelanggan hingga ratusan lusin kain bendera. Tak hanya dari penjual bendera, pesanan juga datang dari perusahaan dan instansi pemerintahan. Tak tanggung-tangung, pesanannya bisa mencapai ratusan lusin.

Ahmad Jumain, salah satu pembeli yang berasal dari Pamekasan, Madura, sengaja datang ke kampung bendera Surabaya ini untuk memborong aneka corak umbul-umbul dan bendera Merah Putih. Hal itu dilakukannya lantaran harga bendera di kampung ini relatif lebih murah dibanding tempat lain.

Penjua bendera Merah Putih di Jalan Jagir Wonokromo semakin ramai pembeli. Selain melayani Warga surabaya, Perajin juga mendapatkan order dari luar pulau seperti Madura, Batam, Kalimantan dan Papua.

Dalam sehari, para pedagang mampu meraup untung hingga Rp3 juta. Untuk harga jual bendera berkisar antara Rp60-Rp75ribu, itu tergantung besar dan bahan kainnya. Para pembeli selain perorangan banyak juga pembeli dari instansi atau perkantoran.

Kawasan Jagir Wonokromo memang terkenal sebagai kampung perajin dan penjual bendera berserta aksesorisnya. Tak ayal tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang akan membeli bendera, umbul-umbul maupun aksesorisnya untuk memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. (feb)

(Visited 257 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *