Jenis-jenis Cemara Hias yang Populer Dijadikan Sebagai Pohon Natal – BeritaPrima.com

Jenis-jenis Cemara Hias yang Populer Dijadikan Sebagai Pohon Natal

 

BeritaPrima.com – Hari Natal sebentar lagi akan tiba. Kemeriahan menyambut datangnya hari kelahiran Sang Juru Selamat ini akan mulai digemakan. Kemeriahan akan sangat tampak di berbagai tempat. Tak hanya di rumah-rumah keluarga Kristiani yang merayakannya, tapi juga diberbagai pusat keramaian dan tempat-tempat ibadah suasana meriah ini akan sangat terasa. Ciri khas yang selalu ada dalam perayaan Natal yaitu pohon Natal atau si pohon terang. Pohon yang dihiasi pernak pernik cantik juga lampu warna warni ini akan mulai ditampilkan untuk ikut memeriahkan suasana Natal di berbagai lokasi.

Di Indonesia, umumnya pohon cemara Natal yang dihadirkan di tiap rumah adalah berupa produk pohon cemara plastik dengan berbagai ukuran dan warna. Namun di negara-negara benua Eropa dan Amerika, mereka terbiasa merayakan Natal dengan memasang pohon terang dari pohon cemara asli yang sengaja dibudidayakan untuk kebutuhan perayaan hari kelahiran Yesus Kristus ini.

Pohon Natal memang identik dengan jenis pohon cemara atau pohon pinus. Jenis pohon cemara yang biasa dipilih oleh umat Kristiani di negara barat untuk dibuat menjadi pohon terang adalah jenis cemara hias. Cemara hias umumnya memiliki dahan dan batang yang kokoh, daunnya lembut dan mampu bertahan lama dan tak mudah rontok meski sudah lewat 2 minggu masa penebangan, serta memiliki aroma kayu pinus yang segar. Ada beberapa jenis cemara hias yang biasa dipilih untuk menjadi pelengkap dekorasi perayaan Natal di rumah keluarga negara-negara barat di antaranya:

  1. White pine

Jenis pinus yang satu ini memiliki keharuman yang menyegarkan. Aromanya khas seperti menthol atau daun mint. Pohon ini sangat cocok dijadikan dekorasi hiasan Natal di rumah karena keharuman pohonnya dapat membantu menyegarkan rumah dan menebarkan kenyamanan di semua ruangan. Daun White pine juga dikenal kuat dan tidak mudah rontok saat digantungi pernak-pernik Natal yang beraneka.

  1. Blue Spruce

Pohon cemara Natal yang satu ini adalah jenis pohon untuk dekorasi Natal yang paling populer dan paling diminati. Bentuk batang pohon yang simetris membuat Blue Spruce disukai karena memudahkan saat diberi tambahan pernak-pernik dan hiasan natal pada batang-batang cemara. Pohon cemara hias ini memiliki warna daun yang indah yaitu warna kebiruan pada bagian daun yang sudah tua sehingga membuat gradasi warna yang dimilikinya tampak sangat menawan.

  1. Leyland Cypress

Pohon pinus yang satu ini tidak memiliki getah lengket saat ditebang, sehingga sangat baik dijadikan pohon terang pelengkap dekorasi Natal di dalam rumah. Aroma kayunya harum dan pekat khas kayu cemara Natal.

  1. Frazer Fir

Bentuk daun pohon cemara hias ini sangat unik dan bagus, selain itu warna pohonnya yang hijau kebiruan tampak indah saat diletakkan dalam rumah sebagai dekorasi Natal. Batangnya kokoh dan daun kecilnya lembut namun kuat sehingga mudah dijadikan gantungan pernak-pernik Natal ukuran mini.

  1. Douglass Fir

Pohon cemara hias jenis Douglass Fir adalah termasuk salah satu pohon Natal yang terbaik di dunia. Memiliki daun yang lembut dan tidak tajam layaknya kebanyakan daun pinus hutan lainnya, juga dahannya yang dikenal sangat kokoh membuat pohon cemara hias ini banyak dipilih oleh keluarga yang merayakan Natal sebagai salah satu dekorasi perayaan Natal di rumah. Kelebihan lainnya adalah cemara ini memiliki daun yang tidak akan rontok bahkan sampai saat pohon dibersihkan setelah perayaan selesai.  (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *