Jenis – Jenis Kabel Jaringan Komputer – BeritaPrima.com

Jenis – Jenis Kabel Jaringan Komputer

Mungkin anda pernah dengar tentang jaringan wireless. Seperti namanya wireless berarti jaringan tanpa menggunakan perantara kabel. Wireless menggunakan perantara udara untuk menghubungkan dua device atau lebih. Tetapi masih banyak yang menggunakan kabel sebagai perantaranya. Mari kita bahas apa saja kabel – kabel yang digunakan pada jaringan computer:

  1. Coaxial

Kabel jenis ini adalah kabel jenis lama yang hamper tidak pernah digunakan lagi untuk jaringan. Kabel coaxial terdiri dari kawat tempat yang dilapisi konduktor, isolator dan bagian luar dilindungi oleh PVC. Bentuk kabel ini seperti kabel antenna TV. Kabel coaxial biasa digunakan untuk topologi dan topologi ring. Kabel ini sudah jarang digunakan karena terdapat kelemahan dari kabel coaxial itu sendiri.

  1. Twisted Pair

Kabel twisted pair ini dibagi lagi menjadi 3 jenis kabel yaitu :

  • UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP tidak mempunyai perlindungan dari kumpulan spiral.Jadi ini menjadi kelemaha utama dari kabel UTP. Dimana saat pengiriman data banyak sekali medan mangnet yang meengganggu, karena tidak ada keamanan di kabel UTP maka data tersebut bisa rusak.

  • FTP (Foiled Twisted Pair)

Jenis kabel ini lebih baik dari pada UTP karena kabel FTP dilindungi oleh foil. Sehingga kabel FTP lebih meempunyai ketahanan dari gangguan.

  • STP( Shield Twisted Pair)

Seperti namanya,kabel jenis ini memiliki perlindungan di lapisan kabelnya.Sehingga kabel STP mempunyai ketahanan dan keamanan dyang lebih baik dalam menangkal noise.

  1. Fiber Optik

Jenis kabel ini yang paling sering digunakan sekarang. Kabel jenis ini lebih aman dan stabil dalam pengiriman data. Fiber optic lebih cepat dalam mengirimkan data. Jenis kabel ini lah yang digunakan oleh provider sekarang.

 

Provider sekarang menggunakan promo paket kuota tanpa batas dan kecepatan yang stabil. Maka dari jika anda ingin langgan wifi dirumah anda harus menanyakan jenis kabel yang digunakan apa sehingga anda tahu bahwa promo mereka benar. Jangan sampai sudah sestuju berlangganan ternyata koneksinya sangat buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *