Jokowi-Duterte Bicarakan WNI Yang Masih Disandera Di Filipina – BeritaPrima.com

Jokowi-Duterte Bicarakan WNI Yang Masih Disandera Di Filipina

BeritaPrima.com, Jakarta – Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sejumlah siu penting akan dibahas dalam pertemuan kenegaraan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Dua pokok pembicaraan yang dipastikan muncul yakni terkait WNI yang disandera kelompok bersenjata di Filipina dan jamaah haji yang memakai paspor palsu.

“Salah satu isu, seringnya adanya pembajakan terhadap warga kita, dan itu menyangkut keamanan bersama. Yang kedua tentunya menyangkut yang kemarin menimpa beberapa warga kita yang berangkat haji menggunakan kuota dari Filipina,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Namun, sebelum melangsungkan pertemuan kenegaraan tersebut, Jokowi akan terlabih dahulu mengajak Duterte blusukan. Duterte akan berkunjung ke Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata untuk berziarah, setelah itu menuju sentra pasar terbesar se-Asia Tenggara di Tanah Abang.

Pramono menjelaskan, tujuan Jokowi mengajak tamunya blusukan tidak lain untuk menunjukkan langkah penyelesaian masalah dengan melihat langsung di lapangan.

“Beliau juga ingin memberikan contoh kepada pemimpin dunia bagaimana penyelesaian persoalan-persoalan di lapangan, melihat langsung di lapangan, karena tidak bisa persoalan itu hanya dilihat dari perencanaan, di meja, planning dan sebagainya,” katanya.

Karenanya, agenda turun ke lapangan ini tak jarang diusulkan oleh sejumlah pemimpin dunia sebelum berkunjung ke Indonesia.

“Maka apa yang dilakukan Presiden Jokowi turun ke lapangan ini menjadi banyak diinginkan para pemimpin negara dunia untuk melihat langsung, termasuk ketika PM Australia, mereka yang minta,” jelas Pramono. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *