Kisah Bocah 11 Tahun Berjuang Membantu Perekonomian Orangtua – BeritaPrima.com

Kisah Bocah 11 Tahun Berjuang Membantu Perekonomian Orangtua

BeritaPrima.com, Jombang – Wajah Kota Santri sudah mulai gelap kala itu. Lampu-lampu penerang jalan mulai berpijar. Para orang tua pun kembali sibuk mengurus anak-anaknya. Layaknya induk ayam, mereka lantas mengajak anak-anaknya masuk ke dalam kandang, menghindar dari dinginnya malam.

Namun, itu tak berlaku bagi Reyang Permana. Bocah kecil itu terlihat masih sibuk di emper pertokoan. Tepat di belakang rumah sakit megah milik pemerintah daerah Kabupaten Jombang.

Jemari lentik itu tiba-tiba mendarat di badan kuda besi milik seorang pembeli yang terparkir di depannya. Kain lusuh bekas baju semasa kecilnya itu, diusapnya ke seluruh bagian bodi motor. Tidak ada yang terlewat. Hingga, debu-debu yang melekat itu pun tak lagi mengotori.

“Matur suwun (terimakasih). Ini kembaliannya seribu,” tutur Reyang saat menerima selembar uang dua ribu perak yang diberikan pemilik motor kepadanya. Meskipun akhirnya, kembalian itu ditolak sang dermawan.

reyangpermana2Aktivitas itulah yang dilakoni Reyang Permana. Selama beberapa tahun ini, bocah berusia 11 tahun itu rela menyisihkan waktunya untuk mengais rupiah. Alasannya pun sederhana. Reyang ingin membantu ekonomi orangtuanya dan menabung demi meraih cita-citanya.

“Sudah dua tahun saya kerja mengelap motor dan menunggu parkir, sejak naik ke kelas 4 sampai sekarang kelas 6,” imbuhnya kepada okezone belum lama ini.

Menggunakan sepeda angin, Reyang berangkat dari rumahnya di Desa Sumber, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang menuju ke tempat kerjanya yang berjarak 5 kilometer. Setiap hari, setelah siswa kelas 6 SDN Sumber 2 ini menyelesaikan proses belajarnya di sekolah.

“Berangkat pukul 15.00 WIB. Kalau pulangnya tergantung, tidak tentu soalnya. Kadang pukul 22.00 kadang juga tidak sampai,” paparnya.

Selanjutnya >>

(Visited 54 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *