Koalisi Tujuh Parpol Bulat Dukung Sandiaga, Tinggal Tunggu Risma Dan Mega – BeritaPrima.com

Koalisi Tujuh Parpol Bulat Dukung Sandiaga, Tinggal Tunggu Risma Dan Mega

IndoElection.com, Jakarta – Sesuai rencana, pertemuan tujuh parpol yang tidak mengusung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilgub DKI akhirnya bertemu, Senin (8/8/2016). Pertemuan yang dihadiri pimpinan ketujuh parpol tingkat DPD DKI tersebut tidak hanya sepakat untuk bersama-sama dalam Pilgub, tetapi juga sudah bulat soal satu nama calon yang akan diusung.

Menurut Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDIP DKI Jakarta, Gembong Warsono, pertemuan sudah sepakat terhadap satu nama yang resmi diajukan Partai Gerindra, yakni Sandiaga Uno, ntah untuk posisi Cagub maupun Cawagub. “Kita sudah sepakat bulan tentang Sandiaga Uno yang diajukan Gerindra. Bisa untuk posisi Cagub maupun Cawagub,” ujarnya di Jakarta, Senin (8/8/2016) malam.

Sedangkan untuk pasangannya, kata Gembong, masih menunggu keputusan di tingkat DPP, khususnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Yang jelas, lanjut Gembong, PDIP sebagai pemenang di Jakarta sangat tidak elok bila hanya mencalonkan Cawagub. Ini artinya bisa dipastikan bahwa yang akan menduduki posisi Cagub dalam koalisi ini nantinya berasal dari PDIP.

Mengenai nama, Gembong belum bisa memutuskan. Alasannya, calon yang diusulkan dari tingkat DPD sudah diserahkan ke Megawati. Sehingga, kini tinggal menunggu nama yang akan diumumkan oleh Megawati yang kabarnya dilakukan dalam akhir bulan ini.

Meski Gembong tak mau menyebut nama, namun publik dalam beberapa hari terakhir sudah disuguhi berita tentang melambungnya nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Dukungan terhadap Risma dari akar bawah semakin hari kian menguat. Pun dari tingkat parpol non pendukung Ahok juga menjagikan Risma.

Pertemuan tujuh parpol digelar di Restauran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan tersebut, masing parpol mengutus, Bambang DH Ketua (Plt) DPD DKI PDIP; M. Taufik Ketua DPD DKI Gerindra; Abduk Aziz Ketua DPW DKI PPP; Hasby Ilyad Ketua DPW PKB; Eko Patrio Ketua DPW DKI PAN; Nachrowi Ramli Ketua DPD DKI Demokrat, dan Syakir Purnomo dari PKS.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN), Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio menyampaikan hal senada.

“Hasil musyawarah tadi, kita sudah menemukan titik temu, tapi belum ke nama orang. Hanya sebatas kriteria siapa yang pantas memimpin DKI. arif, bijaksana, beradab, santun, beretika dan cerdas,” tutur Eko di lokasi pertemuan, Senin (08/8/2016).

Eko juga mengakui, bahwa kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut memang belum final, karena masih menunggu keputusan DPP.

“Semua dari tujuh partai yang ada. Mau tidak mau harus dikomunikasikan kembali visi dan misinya,” kata Ketua DPW PAN, Eko Patrio.

Menurut Eko, masing-masing partai memiliki mekanisme sendiri. Mekanisme tersebut juga disebut berbeda.

“Ada yang langsung diputuskan oleh tingkat DPW (Dewan Pimpinan Wilayah), tapi ada juga yang harus dibawa untuk ditindaklanjuti di DPP (Dewan Pimpinan Pusat),” kata Eko.

Saat ditanya apakah keputusan DPP partai bisa berbeda dengan DPW partai, Eko hanya berharap hal itu tak terjadi.

“Insya Allah kami sepakat,” ucapnya.

Eko pun menyebut bahwa pertemuan pimpinan tujuh partai politik tingkat Jakarta siang tadi cukup membanggakan. Pasalnya, pertemuan sebelumnya hanya dilakukan antara segelintir partai politik.

“Tapi ini tujuh partai berembuk dan temukan titik temu. Nanti akan dibawa ke DPP. Ini merupakan temuan baik dan mencerahkan,” ujar Eko. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *