Makam Misterius Muncul Di Depan Kedaton, Warga Ternate Geger – BeritaPrima.com

Makam Misterius Muncul Di Depan Kedaton, Warga Ternate Geger

BeritaPrima.com, Ternate – Warga adat Kesultanan Ternate, dihebokan dengan munculnya sebuah jere atau makam misterius tepat di depan Kedaton Ici Kesultanan Ternate di Kelurahan Bula Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate, Maluku Utara.

Fanyira Sake Kesultanan Ternate, Wade Hi Abas mengatakan, hal tersebut ditemukan seorang warga Kelurahan Marikurubu bernama Jasmin yang mengatakan bakal muncul sesuatu di Kedaton Ici. Pihak kesultanan kemudian menghadirkan Jasmin guna menunjukkan tempat yang dimaksud.

“Jadi ada informasi dari orang (Jasmin) bahwa kedaton kecil (ici) bakal muncul sesuatu, kemudian saya suruh orang tersebut datang dan sampaikan dimana tempatnya, dia langsung berdiri, saya langsung minta pak imam Kedaton Ici silahkan ke tempat mana yang ditunjukkan,” kata Wade kepada wartawan di Kedaton Ici Ternate Minggu (19/6/2016) malam.

Saat dilihat ke lokasi yang ditunjuk, lanjut Wade, terdapat dua batu yang merupakan nisan makam yang baru muncul. Untuk menguji makam tersebut menjadi subuah keramat, Wade mengambil dua gelas air laut kemudian satunya ditaruh di makam dan di dalamnya.

“Saya ini orang yang tidak percaya mistik, tapi ada bisikan orang menyuruh coba ambil air laut untuk ditaruh, saya ambil air laut dua gelas satu gelas saya tinggalkan di nisan, satunya di dalam keraton tepatnya di meja baca. Dari jam dua malam sampai jam enam pagi saya angkat dan gabungkan dalam kedaton, malamnya dibacakan ayat-ayat suci,” ungkap Wade.

Selesai membacakan ayat-ayat suci, air tersebut berubah warna satu gelas terlihat jernih dan satunya berwarna kekuningan. Selain warna, rasa air laut tadi pun berubah sehingga tidak terasa asin lagi namun menjadi tawar.

“Kami meraskan air asin itu sudah teras tawar dan itu dirasakan semua warga di kedaton, rasanya tidak seperti air yang sering nikmati di bumi ini,” sebutnya.

Sebelumnya areal Kedaton Ici tidak ditemukan makam, namun kini muncul makam yang diyakini sebagai keramat sehingga langsung dijaga agar tidak dirusak warga yang tidak mengetahuinya. (ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *