Mengenal Macam Monitor Komputer Terbaik – BeritaPrima.com

Mengenal Macam Monitor Komputer Terbaik

Salah satu fungsi Monitor adalah sebagai alat penampil data secara visual yang dapat kita lihat didalam computer. Pengertian monitor sendiri adalah perangkat keras yang digunakna unuk menampilkan output data secara grafis yang didapat dari sumber-sumber computer lainnya, misalkan CPU dan sebagainya. Monitor berdasarkan teknologinya dibedakan menjadi beberapa. Dan setiap monitor tentunya bisa menjadi monitor terbaik anda jika anda dapat dengan tepat menentukan kegunaan yang tepat pada setiap monitor anda. Sebagai contoh, jika anda seorang professional editing video atau photograpy, maka monitor terbaik untuk profesi tersebut adalah monitor khusus multimedia. Berikut beberapa monitor berdasarkan teknologi yang dimilikinya.

1). Monitor Plasma

Monitor ini menerapkan teknologi gas neon dan xenon yang ditempatkan diantara dua lapisan plat kaca. Monitor plasma akan menghasilkan pixel. Sedangkan kualitasnya bisa dikatakan menjadi salah satu monitor terbaik, karena gambarnya memiliki kualitasnya yang bagus. Monitor plasma ini menggunakan gabungan antara teknologi CRT dengan LCD. Sehingga sifatnya hampir sama dengan LCD dalam hal ketipisan dan mirip dengan CRT dalam hal luas monitornya.

2). Monitor CRD / Chatode Ray Tube

Monitor jenis CRD ini lebih sering disebut dengan monitor tabung. Cara kerja dari monitor ini adalah dengan memancarkan sinar electron ke sebuah titik-titik yang kecil dilayarnya. Jenis ini menjadi monitor terbaik dalam hal harganya, karena memiliki harga yang paling murah diantara jenis monitor yang lain.

3). Monitor LCD

Monitor LCD memanfaatkan Media cairan Kristal sebagai media pembentuk monitornya. Cara kerjanya sendiri yaitu dengan memancarkan sinar melalui Kristal ciar yang selanjutnya akan dipancarkan secara elektrik sehingga membentuk sebuah panel kecil yang datar. Teknologi yang diadopsi oleh monitor jenis ini adalah flat panel display.

4). Monitor LED / Light Emitting Diode

Dari segi bentuknya, monitor jenis LED ini tidak jauh berbeda dengan monitor LCD. Namun sedikit lebih ramping. Emisi cahaya digunakan oleh monitor ini untuk memunculkan tampilan pada layar. Teknologi yang diterapkannya adalah LED blacklight. Salah satu kelebihan teknologi tersebut adalah dari segi pemakaian daya listriknya yang sangat hemat. Namun harganya lebih mahal dari pada LCD.

Cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman, walaupun sedikit, semoga tetap bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang berniatan ingin membeli monitor. Sehingga bisa mendapatkan monitor terbaik untuk computer anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *