Miris, 60% Pernikahan Dini Di Blitar Disebabkan Hamil Duluan – BeritaPrima.com

Miris, 60% Pernikahan Dini Di Blitar Disebabkan Hamil Duluan

BeritaPrima.com, Blitar – Sedikitnya, 60 % pernikahan muda dengan surat dispensasi di Pengadilan Agama (PA) Blitar akibat hamil duluan atau married by accident (MBA).

Tercatat hingga bulan Agustus 2016 ini, sebanyak 87 pasangan yang meminta dispensasi pernikahan muda ke PA. Jumlah tersebut lebih banyak dari tahun sebelumnya sebanyak 70 pasangan dalam setahun.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Blitar menilai ada yang salah dalam sistem keluarga dan pendidikan sehingga hal tersebut bisa terjadi.

“Dan ini tentunya sangat memprihatinkan,“ ujar juru bicara MUI Kabupaten Blitar Jamil Mashadi kepada wartawan, Jumat (12/8/2016).

Data dari PA Blitar menyebut bahwa selain hamil diluar nikah, permintaan dispensasi nikah dini karena faktor kecemasan orang tua melihat pergaulan anaknya.Tidak sedikit orang tua memilihkan jalan nikah muda daripada melihat hubungan asmara anaknya berakhir MBA.

Sementara yang terlanjur hamil duluan, naik pelaminan menjadi solusi satu-satunya. Karena usia belum mencukupi calon mempelai wajib memiliki dokumen dispensasi.

Menurut Jamil, fenomena ini menjadi introspeksi bersama. Bahwa, harus ada langkah nyata dari pemerintah dan semua pihak untuk mengatasi masalah ini. Ada masa depan yang harus diselamatkan mengingat pemuda merupakan generasi harapan bangsa.

“Dan sesuai ketentuan agama (Islam) bahwa yang boleh menikah adalah mereka yang sudah memasuki usia akil baligh. Jangan sampai muncul kesan lembaga pernikahan dipandang sebelah mata,“ pungkasnya.

Wakil Ketua PA Blitar Zainudin membenarkan bahwa kasus pernikahan dini karena faktor hamil diluar nikah meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal itu dengan melihat banyaknya pemohon dispensasi pernikahan muda.

“Dan memang banyak orang tua yang khawatir melihat pergaulan anaknya lalu memutuskan membawanya ke jenjang pernikahan dini. Namun jumlah pernikahan dini karena faktor hamil diluar nikah juga tidak kalah banyak,“ ujarnya. (bar)

Pencet 'SUKA' untuk ikuti berita kami di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *