Pembongkaran Runway Bandara Juanda Tak Ganggu Jadwal Penerbangan Haji – BeritaPrima.com

Pembongkaran Runway Bandara Juanda Tak Ganggu Jadwal Penerbangan Haji

BeritaPrima.com, Surabaya – Proyek membongkar total runway Bandara Juanda Surabaya dipastikan tak mengganggu jadwal penerbangan haji.

Semua calon jemaah haji (CJH) melalui Embarkasi Surabaya tak akan terganggu penerbangan mereka, meski ada proyek overlay runway Bandara Juanda Surabaya.

“Sesuai Notamn yang sudah kami terima untuk tiga bulan ke depan, penutupan bandara karena overlay runway tidak berlaku untuk penerbangan ibadah haji,” kata General Manajer PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuwono, Selasa (26/7/2016).

Dampak dari overlay runway, Bandara Juanda dinyatakan closed mulai pukul 22.00 sampai pukul 04.59 mulai 18 Juli 2016. Di waktu itu telah diputuskan dilakukan overlay runway bandara dengan panjang 3 KM dan lebar 45 meter itu.

Pelaksanaan proyek overlay ini akan berakhir selama tiga bulan untuk sesi pertama. Yakni berakhir pada 17 Oktober 2016. Setelah tiga bulan akan dibuatkan notamn baru kembali. Dibutuhkan waktu 23 bulan untuk membongkar total runway yang sudah kerap rusak ini.

Semua aktivitas penerbangan di bandara ini mandek di jam pelaksanaan proyek dini hari itu. “Selain penerbangan haji, penerbangan evakuasi medis dengan helikopter juga mendapat pengecualian,” tambah Yuwono.

Manajer Operasi PT Angkasa Pura 1 Juanda, Haruman Sulaksono, menuturkan bahwa pengecualian itu artinya tetap akan ada penerbangan untuk keduanya. Penerbangan haji tetap akan sesuai jadwal. Sementara proyek overlay menyesuaikan.

“Jika penerbangan haji take off pukul 23.00, proyek overlay tetap berjalan. Namun jika jadwal terbang tengah-tengah pukul 02.00 atau mendekati, proyek overlay ditiadakan,” kata Haruman.

Bersamaan dengan proyek overlay runway Bandara Juanda, akan ada 18 penerbangan keberangkatan haji yang melalui Bandara Juanda. Sementara untuk pemulangan haji melalui Bandara Juanda terdapat 20 penerbangan. (feb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *