Pesawat Rusak, Keberangkatan 445 Jamaah Haji Asal Jatim Tertunda – BeritaPrima.com

Pesawat Rusak, Keberangkatan 445 Jamaah Haji Asal Jatim Tertunda

BeritaPrima.com, Surabaya – Sebanyak 445 jemaah haji kloter 40 asal Jawa Timur, tertunda keberangkatannya karena pesawat Saudia Airlines yang akan mereka tumpangi mengalami kerusakan. Akhirnya jemaah haji dari Surabaya, Kota Mojokerto, Gresik, dan Jombang, itu akhirnya dikumpulkan di Hotel Somerset, Surabaya, Jawa Timur.

Ratusan jemaah haji itu urung diterbangkan sesaat sebelum mereka dimasukkan ke dalam pesawat di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, pada Kamis pagi, 25 Agustus 2016, sekitar pukul 07.10 WIB.

“Sekarang masih di hotel,” kata petugas dari Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surabaya, Bagus Budiman, Kamis malam, 25 Agustus 2016.

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterima, kerusakan pesawat terjadi pada komponen spoiler yang ada di bagian sayap. Untuk memperbaiki kerusakan itu, suku cadang harus didatangkan dari Jakarta atau Singapura.

Bagus bilang, proses perbaikan pesawat masih dilakukan di Bandara Juanda. Diperkirakan, perbaikan sayap pesawat baru bisa rampung besok pagi. “Dijadwalkan besok siang jemaah kloter 40 bisa berangkat ke tanah suci,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, HM Sakur, mengatakan bahwa tertundanya keberangkatan 445 calon haji kloter 40 itu murni karena teknis kerusakan pesawat. Menurutnya, langkah mengistirahatkan jemaah ke hotel bagian dari tanggung jawab pihak maskapai.

“Memang seperti itu tanggung jawab penerbangan kalau delay, biar tidak keleleran di bandara, tidak sampai kesulitan cari makan dan minumnya,” ujarnya. (feb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *