Resep Cara Membuat Bumbu Masak Rendang – BeritaPrima.com

Resep Cara Membuat Bumbu Masak Rendang

Seperti yang kita ketahui bahwa rendang merupakan makanan olahan daging sapi, khas Ranah Minang. Tak ada yang meragukan lagi, akan kelezetan dari cita rasa daging rendang. Kelezatan daging rendang memang sudah tersohor ke seluruh pelosok Nusantara. Dan yang lebih hebatnya lagi, kelezatan daging rendang tersebut hingga sampai ke kawasan Eropa dan Timur Tengah. Tentu saja hal tersebut, merupakan kebanggaan bagi kita sebagai orang Indonesia, khususnya bagi masyarakat Sumatera Barat.

Perlu kalian ketahui bahwa rahasia dibalik kelezatan rasa rendang, bukan terletak pada bahan daging sapinya saja. Racikan bumbu masaknya-lah, yang menjadi aktor utama dibalik rasa daging rendang yang lezat. Berbicara soal bumbu masak rendang, mungkin sebagian besar dari kita ada yang bertanya-tanya “ Bagaimana cara membuat bumbu masak rendang ? “. Mengingat dari pertanyaan tersebut mengenai bagaimana cara membuat bumbunya saja, berikut dibawah ini ada resep cara membuat bumbu masak rendang :

* Bumbu Santan *

– 500 ml santan kelapa

– 3 lembar daun kunyit

– Lengkuas secukupnya

– Daun serai secukupnya

* Bumbu Halus *

– 6 buah cabai merah

– 4 siung bawang putih dan bawang merah

– Jahe secukupnya

– 1 sdt merica bubuk

– 5 butir kemiri yang disangrai terlebih dahulu

– 2 sdt gula pasir

– 4 sdt garam

– 1 sdt ketumbar

Sebelum membuat kuah santannya, yang pertama harus anda lakukan adalah membuat bumbu halusnya dulu. Siapkan cabai merah, jahe, bawang merah – putih, kemiri, gula pasir, garam, merica bubuk, dan ketumbar. Masukan semua bahan tersebut kedalam mesin giling, lalu giling bahan-bahannya hingga halus.

* Cara Membuat Bumbu Masak Rendang *

  1. Masukan santan kelapa kedalam penggorengan, lalu masak hingga kuah santannya mendidih.
  2. Selanjutnya masukan daun kunyit, daun serai, dan lengkuas, sambil diaduk-aduk agar merata.
  3. Anda tinggal memasukan bumbu halus kedalam kuah santan, kemudian diaduk-aduk lagi hingga tekstur kuahnya sedikit mengental dan menggumpal.

Bagaimana cukup mudah bukan? Jika bumbu rendangnya sudah jadi, anda pun bisa mengkolaborasikannya dengan berbagai jenis bahan daging seperti daging ikan, daging ayam, daging bebek, dan sebagainya. Akan tetapi jika memang benar-benar harus murni menggunakan daging sapi, apa boleh buat anda pun harus memakai daging sapi sebagai bahan dagingnya.

Itulah sekilas tentang resep cara membuat bumbu masak rendang. Dengan demikian, tentu bisa memudahkan Anda dalam membuat sajian lezat dan sehat di rumah untuk keluarga. Semoga ulasan diatas tadi bermanfaat bagi anda ya. Selamat memasak dan berkreasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *