Rizal Ramli Kembali Ungkap Sikap Bengal Ahok Di Depan Para Kiai – BeritaPrima.com

Rizal Ramli Kembali Ungkap Sikap Bengal Ahok Di Depan Para Kiai

BeritaPrima.com, Surabaya – Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli menceritakan soal perseteruannya dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terkait polemik reklamasi. Ia menyampaikan cerita tersebut di hadapan kiai dan pengurus Nahdlatul Ulama (NU) se-Jawa Timur, di kantor NU Jatim di Surabaya, Kamis, 21 Juli 2016.

Rizal mengatakan, bahwa sikap Ahok yang galak dalam hal kebijakan kebablasan. Bahkan, sikap galak Ahok itu juga melukai rakyat, termasuk sebagian masyarakat Tionghoa di Jakarta. “Karena itu ketika saya jadi Menko, saya panggil dia, saya bilang, ‘Ahok jangan asal ngomong’,” ujar Rizal bercerita.

Rizal juga menyinggung sikap bengal Ahok terkait reklamasi. Namun, dia menolak menjawab ketika diminta respons soal tantangan Ahok terkait surat resmi penghentian reklamasi Pulau G di Jakarta Utara. “No comment,” ujar Rizal.

Secara umum dia menjelaskan, masalah reklamasi tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara luar. Dan yang harus diperhatikan, lanjut dia, adalah seberapa besar manfaat reklamasi kepada masyarakat. “Karena itu, reklamasi harus dikendalikan oleh pemerintah. Negara yang mengendalikan,” ucap Rizal.

Rizal menekankan, ada tiga pertimbangan yang harus diperhatikan terkait reklamasi. Pertama, kepentingan negara untuk mencegah bencana alam seperti banjir, dan kepentingan negara lainnya. “Untuk menjaga kepentingan lalu lintas kapal nelayan supaya tetap ada jalurnya,” ujarnya.

Kedua, lanjut Rizal, mempertimbangkan kepentingan nelayan supaya tetap bisa menarik manfaat dari adanya reklamasi. Dalam hal ini ialah terjaganya biota laut. “Yang ketiga kepentingan bisnis. Tapi tidak bisa semata kepentingan bisnis, karena terkadang mereka (swasta) melanggar sehingga merugikan kepentingan negara,” ujarnya menambahkan.

Selanjutnya >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *