Tips Mengatur Keuangan Jelang Bulan Puasa – BeritaPrima.com

Tips Mengatur Keuangan Jelang Bulan Puasa

Salah satu yang harus dipikirkan jelang bulan puasa adalah kenaikan harga yang sudah menjadi salah satu tradisi jelang bulan Ramadan. Apalagi kenaikan harga bahan pokok jelang Lebaran yang tidak bisa dihindari. Agar pengeluaran tidak membengkak saat bulan Ramadan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan jelang bulan puasa.

Bulan puasa tahun ini diperkirakan akan jatuh pada pertengahan bulan Mei 2018, sedangkan Lebaran diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 Juni 2018. Itulah sebabnya sejak bulan Maret 2018 ini sudah banyak orang yang berburu tiket kereta api untuk pulang mudik lebaran tahun 2018.

Tidak disadari pengeluaran pada saat Ramadan membengkak karena ada dana tambahan yang harus dipersiapkan mulai dari tiket mudik, THR, sampai dengan pos belanja baju lebaran. Mumpung puasa masih lama, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan jelang bulan puasa.

Bikin Rencana Pengeluaran

Agar pengeluaran bisa diatur seefisien mungkin, salah satu cara terbaik adalah membuat rencana pengeluaran mulai dari rencana pembelian tiket mudik, persiapan zakat dan sedekah, persiapan membeli baju lebaran sampai dengan membagi-bagikan THR lebaran untuk anak, keponakan atau anak-anak tetangga lainnya.

Jangan lupa, pada saat puasa selalu ada tradisi buka puasa bersama. Acara buka puasa bersama juga bisa jadi ajang untuk reuni dan silaturahmi. Oleh karena itu siapkan anggaran secukupnya minimal untuk dua kali acara buka bersama. Selebihnya mungkin bisa menganggarkan dana untuk buka bersama dengan keluarga.

Soal tiket mudik, sebetulnya bisa disiasati dengan memanfaatkan kredit elektronik dari Kredivo. Pembelian tiket mudik bisa dilakukan di beberapa merchant seperti Bukalapak, Blibli, Tokopedia JD.id dan e-commerce merchant yang telah bekerja sama dengan Kredivo.

Persyaratan kredit elektronik di Kredivo sangat mudah kok. Jika kamu adalah WNI berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp3.000.000, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan, kamu sudah bisa mengajukan kredit elektronik di Kredivo.

Keuntungan lain, pembelian tiket mudik bisa dengan menggunakan dua opsi pembayaran yaitu bayar tunai 30 hari tanpa bunga atau cicilan dengan tenor fleksibel mulai dari 3, 6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga 2.95%. Dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan jelang bulan Ramadan dan tetap bisa membeli tiket mudik ke kampung halaman.

Siapkan Dana Cadangan

Kadang-kadang biasanya selalu saja ada pengeluaran tidak terduga saat puasa apalagi saat jelang lebaran. Terlebih lagi biasanya kenaikan harga tidak bisa diprediksi.

Karena alasan itulah sebaiknya siapkan dana cadangan antara 10 sampai dengan 30 persen dari total rencana pengeluaran selama bulan puasa mulai dari total pengeluaran untuk belanja makanan, kebutuhan pokok, belanja baju lebaran sampai dengan dana untuk pembelian tiket mudik.

Dana cadangan pun mutlak untuk disiapkan apalagi jika mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Agar bisa bersiap untuk menghadapi kondisi darurat, sebaiknya sisihkan dana cadangan untuk puasa dan lebaran satu bulan sebelumnya. Sisihkan di awal bulan agar tidak terpakai untuk membeli barang-barang kebutuhan lainnya.

Paling penting adalah tentukan mana kebutuhanyang menjadi prioritas untuk puasa dan lebaran. Misalnya, prioritaskan untuk membayar zakat tahunan dan zakat profesi. Selain itu juga bisa menganggarkan untuk dana sedekah lainnya dengan tujuan untuk membantu sesama sekaligus membersihkan harta.

Catat Semua Transaksi

Jangan lupa untuk mencatat seluruh pengeluaran harian. Lakukan review setiap hari pada malam hari atau langsung mencatat semua pengeluaran dan transaksi yang dilakukan.

Cara lain agar lebih mudah melakukan pencatatan adalah dengan menyimpan semua struk atau bukti pembayaran. Dengan bukti pembayaran tersebut kita bisa mencatat semua transaksi yang telah dilakukan.

Fungsinya agar pengeluaran sesuai dengan perencanaan yang sudah dilakukan pada awal bulan. Pencatatan mengingatkan kapan harus mengerem pengeluaran dan kapan bisa tetap menggunakan dan yang ada untuk memenuhi semua kebutuhan jelang puasa dan lebaran. Supaya lebih mudah, gunakan Kredivo sebagai metode pembayaran ketika belanja onine. Sebab, semua rincian transaksimu akan terekan dalam tagihan. Jadi kamu akan semakin mudah dalam memantau pengeluaran dan mengevaluasi kondisi finansialmu tanpa harus mengumpulkan catatan transaksi.

Hemat Pengeluaran Sejak Satu Bulan Sebelum Puasa

Cara lain untuk mengatur keuangan jelang bulan puasa adalah dengan menghemat pengeluaran sejak satu bulan sebelum puasa. Ada banyak cara berhemat seperti mulai membawa bekal dari rumah, mengurangi jadwal nongkrong di kafe atau kongkow-kongkow bareng teman.

Selain itu juga saat paling tepat menambah pemasukan dengan mengerjakan kerjaan sampingan untuk menambah dana pengeluaran saat puasa dan lebaran nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *