Tips Merawat Rambut Tetap Indah dan Cantik Meskipun Menggunakan Hijab – BeritaPrima.com

Tips Merawat Rambut Tetap Indah dan Cantik Meskipun Menggunakan Hijab

Hedak cari artikel kecantikan seputar rambut berhijab? Bagi wanita muslimah, hijab bukanlah sekedar trend berbusana yang dipakai pada hari raya. Lebih dari itu, hijab adalah sebuah syariat yang harus dilaksanakan bagi wanita muslimah. Tertutupnya rambut oleh hijab terkadang menimbulkan permasalahan seperti rambut lepek, mudah rontok, berketombe, dan gatal – gatal pada kulit kepala serta bau rambut yang kurang sedap.

Permasalahan tersebutlah mungkin yang membuat para muslimah tak betah berlama – lama menutup rambutnya dengan hijab. Wahai engkau kaum muslimah, terlebih yang berhijab. Jangan berkecil hati terhadap permasalahan tersebut. Tetaplah teguh dengan hijabmu, dan simaklah 9 tips berikut yang dapat membuat rambutmu tetap sehat, dan terhindar dari permasalahan yang telah disebutkan:

  1. Rajinlah keramas dan memcuci rambut

Keramas dan mencuci rambut secara teratur setiap 2 hari atau 3 hari sekali harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambutmu. Ketika keramas, pastikan menggunakan shampo yang ringan khusus kulit kepala sensitif yang terbuat dari bahan alami, serta dilengkapi vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh rambut . Karena jenis shampo ini akan menyeimbangkan kondisi kulit kepalamu dan mencegah hadirnya ketombe, serta membuat rombutmu kuat.

  1. Sebelum menggunakan hijab, pastikan rambutmu benar – benar kering.

Rambut yang basah lebih sensitif dan rentan akan kerusakan. Sehingga mengikat secara kuat dan menutupi dengan hijab dapat membuat rambut yang rentan tersebut lebih tegang. Selain itu memakai hijab pada saat rambut basah dapat menyebabkan kotembe.

  1. Sisirlah rambut secara teratur

Dengan memakai hijab tidak berarti kamu mengabaikan kerapihan rambut. Menyisir rambut bagi wanita berhijab merupakan sesuatu yang penting. Kamu dapat melakukannya sebelum atau sesudah memakai hijab. Dalam menyisir rambut, hindari menyisir memulainya dari belahan tengah kepala. Hal ini berguna untuk mencegah kerontokan yang biasanya terjadi pada bagian ini.

  1. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Usaha lain yang dapat merawat rambutmu yang tertutupi hijab adalah dengan tidak mengikatnya terlalu kencang. Karena ikatan kencang pada rambut dapat membuat rambut mudah patah dan bercabang. Akan lebih baik jika anda melakukan penataan rambut dengan ikat kuda atau cepolan yang longgar di bawah hijab. Selain itu selalu ganti belahan rambut, hal ini berguna untuk mencegah menipis dan rontoknya garis tepi rambut.

  1. Pilihlah bahan hijab yang cocok dengan kulit

Penting bagi wanita berhijab mengetahui bahan yang cocok digunakan untuk menutupi kepalanya. Pilihlah bahan hijab yang dapat mengatur kelur masuknya udara ke kepala. Hal ini diperlukan untuk rambut bernafas secara baik. Cobalah menggunakan kain berbahan shiffon atau katun, misalnya. Hijab berbahan ini akan memberikan banyak udara ke kulit kepala anda. Selain bahan hijab, perlu juga anda selektif dalam memilih warna hijab. Ada baiknya memilih hijab dengan warna yang lembut, hal ini bertujuan memberi efek sejuk pada kulit kepala, sehingga tidak menghambat pertumbuhan rambut. Penggunaan warna yang gelap, terlebih ketika musim panas akan menyebabkan rambut rontok, ketombean dan lembab. Hal ini dikarenakan warna gelap mudah menyerap panas.

  1. Membiarkan rambut terurai

Untuk sesekali, ketika beraktivitas di dalam rumah tanpa menggunakan hijab, biarkanlah rambutmu terurai. Dengan hal ini, maka kamu telah mengistirahatkan rambut. Dalam keadaan ini rambutmu akan bernafas dan memberikan kondisi rambut serta mengurangi kelembapan yang memicu kerontokan pada rambut.

  1. Mengosumsi makanan yang kaya asam amino dan protein

Menjaga kesehatan rambut tidak hanya dilakukan dengan perawatan luar saja, namun penting juga merawat dari dalam. Perawatan dalam dapat kamu lakukan dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan asam amino dan protein. Nutrisi tersebut dapat membantu dalam membentengi dan memelihara setiap helai rambutmu. Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan rambut.

  1. Seringlah memotong ujung rambut

Memotong ujung rambut secara rutin juga sangat disarankan dalam menjaga kesehatan rambut. Kamu dapat melakukannya setiap 4 – 6 minggu sekali. Hal ini diperlukan guna menyingkirkan ujung – ujung rambut yang kering dan bercabang yang diakibatkan seringnya diikat.

  1. Menutrisi rambut dengan ektra bahan alami

Menutrisi rambut dari luar juga merupakan hal yang harus kamu lakukan. kamu dapat menggunakan bahan – bahan alami, seperti masker dari lidah buaya dan jeruk nipis dalam menjaga kesehatan rambutmu.

Demikian 9 tips yang dapat anda lakukan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan rambut bagi wanita berhijab. Semoga artikel kecantikan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *