Untung Rugi Ngekost di Tempat Kost Murah – BeritaPrima.com

Untung Rugi Ngekost di Tempat Kost Murah

Mengekost akan memberikan anda keuntungan. Namun disisi lain akan memberikan anda kerugian. Namun bagaimana dengan tempat kost murah yang banyak ditawarkan belakangan ini?

Tidak ada yang salah dengan pemili rumah yang menjadikan rumahnya tempat kost murah. Namun anda sebagai orang yang hendak menyewa salah satu kamar di rumah tersebut, perlu mengetahui untung rugi sewa tempat kost murah. Apa saja itu?

Kelebihan:

Ada beberapa kelebihan dan keuntungan dengan anda mengekost, di antaranya adalah:

  1. Menghemat waktu anda
    Ketimbang harus bolak-balik ke rumah, dengan mengekost waktu anda tidak akan terbuang di perjalanan. Tanpa mengekost, rata-rata waktu yang terbuang di perjalanan adalah 3 sampai 5 jam perhari.

    Dengan mengekost, lama perjalanan pulang pergi anda hanya akan berkisar 30 hingga 60 menit saja.

  2. Menghemat biaya
    Mengekost mungkin akan memakan biaya berupa biaya sewa bulanan. Namun jika dihitung dengan teliti, biaya transportasi bulanan terkadang lebih besar ketimbang anda memilih untuk menyewa sebuah kamar.

    Sebagai contoh, biaya kost rata-rata tempat kost di Jakarta adalah berkisar di angka 800 hingga 1,2 juta Rupiah. Sementara jika anda bolak-balik, mungkin anda akan menghabiskan biaya di kisaran lebih dari 1,3 juta perbulan.

  3. Mengehemat tenaga anda
    Jika anda mengendarai kendaraan sendiri, lokasi kantor atau kampus yang jauh tentu akan menyebabkan rasa lelah dan mudah terpancing emosi.

    Sementara itu, jika anda menggunakan kendaraan umum, pulang pergi ke rumah akan menyita tenaga anda terutama saat berada di tempat-tempat padat seperti di dalam busway, di dalam bus antar kota, dan di dalam kereta api.

    Dengan mengekost anda tidak hanya menjadikan anda memiliki waktu yang lebih senggang, namun juga menghemat tenaga, dan secara mengejutkan juga tergolong lebih menghemat biaya, khususnya biaya transportasi.

Kekurangan:

Tidak ada sesuatu yang 100 persen sempurna. Begitu juga dalam hal mengekost. Pasti terdapat beberapa kekurangan, terutama jika anda memilih info tempat kost murah atau termurah. Tidak jarang berbagai kekurangan yang ada akan memberikan rasa kecewa.

Beberapa kekurangan saat mengekost antara lain adalah:

  • Menimbulkan efek rindu rumah
    Tidak dapat disangkal bahwa bagi kebanyakan orang menganggap rumah adalah tempat tinggal terbaik.

    Bagi orang-orang yang baru saja mencicipi tempat kost, rasa rindu akan rumah biasanya semakin memuncak. Hal ini akan semakin memuncak saat tempat kost yang anda akhirnya memberikan masalah. Beberapa masalah tersebut antara lain:

    Aturan-aturan tempat kost yang membuat anda tidak nyaman
    b. Perselisihan dengan sesama penghuni
    c. Keputusan-keputusan dan tarikan biaya yang tidak terduga

  • Sulit mendapatkan sesama penghuni yang ideal
    Pada umumnya sebuah tempat kost akan diisi oleh orang-orang berbagai suku bangsa. Namun celakanya, beberapa orang tersebut memiliki sifat-sifat yang sedikit memprihatinkan seperti:

    Tidak dapat menjaga kebersihan kamar mandi
    b. Tidak mampu bersosialisasi dengan sesama penghuni kost lainnya

  • Biaya Sewa yang Naik Mendadak
    Beberapa penyewa tempat kost murah seringkali merasa terjebak. Mereka akan dipaksa membayar biaya sewa bulanan yang besarannya melonjak daripada bulan lalu.

    Oleh sebab itu, sangat penting untuk memberikan perjanjian bahwa biaya yang anda keluarkan tidak akan lebih dari biaya yang tercantum dimuka.

    Selain itu, seringkali terdapat pungutan-pungutan liat yang kerap menggerogoti kemampuan keuangan. Beberapa pungutan tersebut seperti:

    – pungutan atau iuran keamanan
    – pungutan atau iuran kebersihan
    – dan pungutan atau iuran untuk acara sekitar tempat kost

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *