Video: Dua Spesies Baru Semut ‘Naga’ Ini Menyeramkan – BeritaPrima.com

Video: Dua Spesies Baru Semut ‘Naga’ Ini Menyeramkan

BeritaPrima.com – Ilmuwan baru-baru ini menemukan dua spesies semut baru menyeramkan yakni memiliki duri besar menonjol di punggung. Semut tersebut dinamai dengan sebutan naga Daenerys Targaryan dalam Game of Thrones.

Biasanya para ilmuwan menggunakan kata-kata bahasa latin berat ketika penamaan spesies baru, tapi kali ini terbilang unik. Mereka menyebutkan dua spesies baru tersebut berjuluk Drogon dan Viserion.

Nama ilmiah Pheidole drogon atau Dragon, layaknya naga hitam milik Daenerys Targaryan dalam karakter fiksi serial TV Game of Thrones. Sementara Pheidole viserion tersirat pada Viserion, seekor naga emas yang juga merupakan milik Daenerys Targaryan.

Sebelumnya memutuskan memberikan nama, para ilmuwan melakukan penelitian dan melihat kemiripan jenis serangga yang baru ditemukan dari drama fiksi serial TV.

Mereka berasumsi bahwa duri runcing pada kepala spesies semut berfungsi sebagai ‘tameng’ pertahanan. Sedangkan duri di leher dan rahang berisi otot sebagai kekuatan ekstra digunakan untuk menghancurkan sesuatu.

Dua spesies baru semut ‘eksterior’ berduri tersebut ditangkap dalam rincian penelitian yang menakjubkan menggunakan sistem teknologi 3D-imaging.

Evan Economo dari Okinawa Institut Sains dan Teknologi mengatakan, ini adalah salah satu dari studi pertama dalam taxonomy semut yang menggunakan micro-CT.

“Metode ini sangat popularitas di bidang ilmu yang berbeda, sangat jarang untuk menggunakannya dengan cara ini,” ujarnya seperti dikutip dari Sky, Senin (8/8/2016).

“Prosesnya hampir sama, jika tak lebih baik daripada hal yang nyata. Karena Anda hampir dapat membedah spesies dan memeriksa struktur internal melalui komputer Anda,” tambahnya.

Ini bagian proses pembelajaran dan kini para ilmuwan di seluruh dunia dapat mempelajari beragam spesies semut tanpa harus bepergian jauh ke hutan hujan tropis di Papua Nugini, di mana semut ditemukan.

(feb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *